GAMBARAN AKTUALISASI DIRI PENYANDANG TUNA NETRA (Studi pada Boy Sandi Penyanyi Minang)

Hasneli Hasneli, Fitra Meri Aulia Riska

Abstract


Penderita tuna netra sejak lahir, dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya  mampu mengaktualisasikan dirinya dengan baik. Dia bangkit dengan terus menggali potensi-potensi yang terdapat dalam dirinya dan berupaya mengembangkan potensi tersebut semaksimal mungkin walaupun berawal dari ketidakmungkinan dan menghadapi berbagai rintangan, yang berat, akan tetapi semua proses yang dilalui akhirnya mengantarkannya kepada pencapaian aktualisasi diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktualisasi diri yang dilakukan oleh Boy Sandi dan  faktor yang mendorong Boy Sandi  mengaktualisasikan diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan  teknik purposive sampling sebagai penetapan sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah Boy Sandi dan sebagai informan adalah istri Boy Sandi, ibu mertua dan tetangganya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Boy Sandi mampu mencapai tingkat kebutuhan tertinggi yaitu aktualisasi diri. Dalam hal ini Boy Sandi adalah orang yang terbuka pada pengalaman, memiliki kehidupan eksistensial, memiliki kepercayaan diri, kreatif, spontanitas dan memiliki sifat humor. Faktor yang mendorong Boy Sandi mampu mengaktualisasikan diri adalah karena Boy Sandi mampu menerima takdir Allah tanpa menyesali diri dengan kekurangan yang dimiliki disertai dengan keinginan dari dalam diri, kegigihan, semangat, cita-cita. Di samping itu karena faktor ekonomi dan orientasi masa depan serta adanya dukungan sosial dari orang-orang terdekatnya.


Keywords


Aktualisasi Diri, Tuna Netra

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i1.851
Abstract views : 426 times
PDF : 1285 times

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Baihaqi, Mif. (2008). Psikologi Pertumbuhan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Departeman RI. (2004). Alqur’an dan Terjemahan. Bandung: Jumanatul Ali-Art.

Dianingtyas, Azizah. (2014). Pengaruh Penghargaan dan Kebutuhan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Telkom Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Efendi, Mohammad. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Feist, Jess dan Feist Gregory J. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fithriyah Chusniatul dan Rahayu Siti Azizah. (2013). Konsep Diri Pada Remaja Tuna Netra Di Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya. Jurnal Pendidikan Psikologi, Vol.04 No. 01.

Ghofur, O. (2006). Konsep Aktualisasi Diri Abraham. H. Maslow Dan Korelasinya Dalam Pembentukan Kepribadian (Analisis Bimbingan Dan Konseling Islam). Skripsi. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Harimukhti Mega Taladan Dewi Kartika Sari. (2014). Eksplorasi Kesejahteran Psikologis Individu Dewasa Awal Penyandang Tuna Netra. Jurnal Psikologi Undip,Vol. 13 No. 1.

Irmawati, Nooryani. (2013). Motivasi Aktualisasi Diri Penyandang Tuna Netra Pada Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khoiroh Atik dan Paramita Pramesti P. (2014). Peran Dukungan Sosial Terhadap Pembentukan Self Esteem yang Tinggi pada Remaja Tunanetra di Sekolah Khusus. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Vol. 3 Nol. 3.

Mangunsong, Frieda. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus jilid 1.Depok : LPSP3UI.

Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Maslow, Abraham H. (2017). Motivation And Personality. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Muryatiningsih, Asri Priyani. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri Pada Remaja Di Desa Puhrubuh Condong-Catur depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan Surya Medika, Vol. 9 No. 1.

Narbuko, C & Achmad, A. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Ni’matuzahroh & Prasetyaningrum. (2014). Observasi Dalam Psikologi. Malang: UMM Press.

Putri, Desytama Tika. (2007). Kebutuhan Aktualisasi Diri Pada Remaja Penyandang Tuna Netra Yang Bersekolah Di Sekolah Umum Di Tinjau Dari Kematangan Emosi dan Self Disclosure. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS (Diakses pada http://eprints.ums.pdf.ac.id10 Oktober 2017)

Rudiyati Sari. (2005). Pengembangan Materi Alat Bantu Pembelajaran Anak Tuna Netra Di Sekolah Terpadu /Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.1 No. 2.

Soetanto, Christian. (2016). Aktualisasi Diri Wanita Karir yang Mengurus Rumah Tangga. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafitri, Selviana. (2014). Pengaruh Harga Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Aktualisasi Diri Pada Komunitas Modern Dance Di Samarinda. Ejurnal Psikologi, Vol. 2 No. 2.

Syarif, Makmur (2014). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. IAIN Imam Bonjol Padang.

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Widayanti, Nusantoro Eko dan Kurniawan Kusnarto. (2014). Peningkatan Aktualisasi Diri Sebagai Dampak Layanan Penguasaan Konten. Semarang: Indonesian Journal Of Guidance and Counseling Theory and Aplication.

Yonanda Cintya, Susilo Heru dan Prasetya Arik. (2016). Pengaruh Kebutuhan Fisiologis, Keamanan, Sosial, Penghargaan, Dan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB),Vol. 30 No. 1. (Http://eprints.ums.pdf.ac.id (diakses pada 10 Oktober 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.