HUBUNGAN KOMPENSASI DENGAN LOYALITAS GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Winbaktianur Winbaktianur, Santi Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  adanya hubungan kompensasi dengan loyalitas guru di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Kompensasi merupakan total seluruh imbalan yang diterima para karyawan sebagai pengganti jasa yang telah mereka berikan. Sementara itu loyalitas adalah tekad dan kesanggupan individu untuk mentaati, melaksanakan, mengamalkan peraturan-peraturan dengan penuh kesadaran dan sikap tanggung jawab. Para ahli juga berpendapat bahwa terdapat hubungan kompensasi dengan loyalitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data korelasi  pearson yang diolah dengan program SPSS versi 20.0 for windows. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompensasi dan variabel terikatnya adalah loyalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah guru SMK Muhammadiyah 1 Padang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi, yang berpedoman pada skala Likert. Menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala kompensasi dengan validitas 37 aitem dari 38 aitem dan memiliki reliabilitas 0,968 dan skala loyalitas dengan validitas 34 dari 36 aitem dengan reliabilitas 0,957. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kompensasi dengan loyalitas memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi Pearson yang menunjukkan bahwa nilai Pearson Corellation antara variabel kompensasi dengan loyalitas sebesar 0,865 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti antara dua variabel menunjukkan hubungan signifikan. Juga menunjukkan ada hubungan antara kompensasi dengan loyalitas, namun belum tentu kompensasi yang rendah menyebabkan loyalitas yang rendah juga. Karena  masih ada berbagai faktor lain yang mempengaruhi loyalitas sehingga meskipun dengan kompensasi yang rendah, namun memiliki loyalitas yang tinggi. Faktor lain yang mempengaruhinya seperti fasilitas-fasilitas kerja, kenyamanan dan keamanan dalam bekerja, penghargaan atas prestasi kerja, hubungan yang baik antara atasan dan rekan-rekan kerja, serta sikap rasa memiliki dan pengabdian terhadap sekolah yang tinggi.


Keywords


Kompensasi, Loyalitas, Guru.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i1.871
Abstract views : 388 times
PDF : 783 times

References


Aldrianto, Muhammdad. (2016) Skripsi Pengaruh Disiplin Kerja dan Loyalitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Kospermindo di Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin : Makassar.

Andini, Rita. (2006). Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Asriyanti, Amrullah (2012). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Nonfinansial Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK. Wilayah Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin : Makassar.

Aziz, Abdul, Hamka. (2012). Karakter Guru Profesional. Al-Mawardi Prima : Jakarta Selatan.

Azwar, Budi. Jurnal Kajian Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTA di Kecamatan Bangkinang

Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung ; Erlangga

Farida, Anesia Tara. (2016). Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Cv Elang Samudra Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, Nomor 3, Maret 2016

Hasibuan, Malayu, (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta: 118

Kasmir, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktik. PT. Rajagrafindo Persada : Jakarta.

Kadarisman. (2012). Manajemen Kompensasi. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga : Mcnesee State University

Priyatno, Duwi. 2012. SPSS 20: Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: C.V Andi OFFSET.

Rahman, Muhammad & Amri, Sofan. (2014). Kode Etik Profesi Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Segala. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. PT. Rajagrafindo Persada : Jakarta.

Sari dan Widyastuti. Jurnal Loyalitas Karyawan Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3). Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al Mishbah : Pesan Kesan dan Keserasian Al Qur’an. Jakarta : Lentera Hati.

Silvia, dkk. (2014). Pengaruh Kompensasi dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Loyalitas Karyawan (Studi Kasus Pada Toko Buku Gramedia Pangkal Pinang) Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (JPMB). Volume 1, Issue 1, November 2014 ISSN 2354-5682

Soegandhi dkk, (2013). Jurnal Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim AGORA Vol. 1, No. 1, (2013)

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung ; Alfabeta

Sutrisno, edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana: Jakarta: 180

Undang-Undang Guru & Dosen (Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen: 2015

Yahya, Murib. 2013. Profesi Tenaga Kependidikan. Bandung:Pustaka Setia

Yuniarsih Tjutju dan Suwatno. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta : Bandung

Yusa, I Made Dharmawan (2011). Jurnal Tesis Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Disiplin dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.