HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG LAYANAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSULTASI SISWA SMA

Murisal Murisal, Muhammad Hubbal Khoir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang layanan konseling di SMAN 1 Padang Sago, 2) untuk mengetahui tingkat minat berkonsultasi di SMAN 1 Padang Sago, 3) dan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan persepsi tentang layanan konseling dengan minat berkonsultasi siswa SMAN 1 Padang Sago. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Korelasi Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 16.0 for Windows. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap layanan konseling dan variabel terikatnya adalah minat berkonsultasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Padang Sago dengan sampel penelitian berjumlah 79 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah non-random dengan bentuk Quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian  ini adalah skala psikologi, yang berpedoman pada skala Likert, penelitian ini menggunakan dua buah  skala  sebagai alat ukur yaitu, skala persepsi tentang layanan konseling dengan validitas 77 aitem dari 98 aitem dan memiliki reliabilitas 0,955 dan  skala minat berkonsultasi dengan validitas 80 aitem dari 98 aitem dan memiliki reliabilitas 0,958. Berdasarkan hasil pembahasan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tingkat persepsi tentang layanan konseling pada siswa SMAN 1 Padang Sago tergolong negatif 57,1% atau 45 orang. 2) Tingkat minat berkonsultasi pada siswa SMAN 1 Padang Sago tergolong tinggi 82% atau 65 orang. 3) Hasil analisis data penelitian menunjukkan Pearson Correlation dengan koefisien atau rhitung 0,567 dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan rtabel 0,220. Jika rhitung > rtabel maka hipotesis diterima. Dari hasil di atas maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,567 > 0,220), maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang layanan konseling dengan minat berkonsultasi siswa SMAN 1 Padang Sago.


Keywords


Persepsi tentang Layanan Konseling, Minat Berkonsultasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i2.879
Abstract views : 408 times
PDF : 81 times

References


Aminuddin, Muh. (2010). Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Pada Siswa Kelas XI SMK N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi S1. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Atkinson, Rita L. dkk. (1983). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga

Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Belajar

_____________. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Batuadji, Kristianto., Nuryati Atamimi., dan Rasimin B. Sanmustari. (2007). Hubungan Antara Efektivitas Fungsi Bimbingan dan Konseling dengan Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Stella Duce I Yogyakarta. Lembaran Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol. 36, NO. 1, 18-34.

Hurlock, Elizabeth B. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Khairani, Makmun. (2007). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Priyatno, Duwi. (2014). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi

Sarwono, S.W. (2010). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet

Suryabarata, Sumadi. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi

Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: CV. Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.