HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG LAYANAN KONSELING DENGAN MINAT BERKONSULTASI SISWA SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa tentang layanan konseling di SMAN 1 Padang Sago, 2) untuk mengetahui tingkat minat berkonsultasi di SMAN 1 Padang Sago, 3) dan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan persepsi tentang layanan konseling dengan minat berkonsultasi siswa SMAN 1 Padang Sago. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Korelasi Pearson yang diolah dengan program SPSS versi 16.0 for Windows. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi terhadap layanan konseling dan variabel terikatnya adalah minat berkonsultasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Padang Sago dengan sampel penelitian berjumlah 79 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah non-random dengan bentuk Quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi, yang berpedoman pada skala Likert, penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur yaitu, skala persepsi tentang layanan konseling dengan validitas 77 aitem dari 98 aitem dan memiliki reliabilitas 0,955 dan skala minat berkonsultasi dengan validitas 80 aitem dari 98 aitem dan memiliki reliabilitas 0,958. Berdasarkan hasil pembahasan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tingkat persepsi tentang layanan konseling pada siswa SMAN 1 Padang Sago tergolong negatif 57,1% atau 45 orang. 2) Tingkat minat berkonsultasi pada siswa SMAN 1 Padang Sago tergolong tinggi 82% atau 65 orang. 3) Hasil analisis data penelitian menunjukkan Pearson Correlation dengan koefisien atau rhitung 0,567 dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan rtabel 0,220. Jika rhitung > rtabel maka hipotesis diterima. Dari hasil di atas maka rhitung lebih besar dari rtabel (0,567 > 0,220), maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang layanan konseling dengan minat berkonsultasi siswa SMAN 1 Padang Sago.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i2.879
Abstract views : 528 times
PDF : 169 times
References
Aminuddin, Muh. (2010). Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Pada Siswa Kelas XI SMK N 5 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi S1. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Atkinson, Rita L. dkk. (1983). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga
Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Belajar
_____________. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Batuadji, Kristianto., Nuryati Atamimi., dan Rasimin B. Sanmustari. (2007). Hubungan Antara Efektivitas Fungsi Bimbingan dan Konseling dengan Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Stella Duce I Yogyakarta. Lembaran Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Vol. 36, NO. 1, 18-34.
Hurlock, Elizabeth B. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Khairani, Makmun. (2007). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Priyatno, Duwi. (2014). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi
Sarwono, S.W. (2010). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet
Suryabarata, Sumadi. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi
Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: CV. Andi Offset
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.