ANALISIS PENGUKURAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM

Rina Widyanti

Abstract


Pelayanan salah satu aspek yang di utamakan dalam organisasi sektor publik terutama pemerintah. Pemerintah sudah mengatur mengenai pelayanan dalam setiap pelaksanaan administrasi pemerinthan. Hal tersebut tertuang dalam Permendagri nomor 6 tahun 2007 yang merupakan cikal bakal lahirnya aturan tentang pelayanan tersebut. Standar pelayanan minimum (SPM) merupakan unsur wajib pemerintah yang berhak diperoleh secara minimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kebutuhan sosial, ekonomi dan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kinerja badan perpustakaan dan kearsipan dengan metode standar pelayanan minimum. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas dengan uji reliabilitas dan analisis deskriptif, dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat sudah dinyatakan baik dari berbagai indikator seperti indikator pelayanan, waktu pelayanan,harga pelayanan dan sarana prasarana


Keywords


Kinerja, Standar Pelayanan Minimum

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alqalb.v8i2.880
Abstract views : 288 times
PDF : 1288 times

References


Bastian, indra, 2005. Akuntansi sektor publik suatu pengantar. Jakarta: erlangga

Boediyono.1999. Moralitas politik dan pemerintahan yang bersih.jakarta;RajaGrafindo Persada

Kasmidi.2013.Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Lembaga Administrasi Indonesia (LAN-RI) dalam Pasolog. 2007. Teori Administrasi Publik. Jakarta: Alfabeta

Mardiasmo, 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : Andi.

_________ 2004.akuntansi sektor publik. Yogyakarta; Andi

Nordiawan,Dedi,(2004).akuntansi sektor publik jilid 2.yokyakarta:Erlangga

Pasolong.2007.Teori Administrasi Publik .jakartaAlfabeta

Republik Indonesi. Undang-Undang 32 tahun 2004 penjelasan pasal 167 (3), (http://www.bpkp.go.id/uu/filedownload/2/39/237.bpkp), diakses tanggal 03 september 2014 pukul 10:45

______ Kepmen PAN No.25:KEP/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan instansi pemerintah, (http://www.pu.go.id/satminkal/itjen/lama/hukum/kmpan25-04.htm) diakses tanggal 03 september 2014 pukul 10:17

_____ 2007. Peraturan Daerah Sumatera Barat Nomor 9 Tanggal 2 Agustus 2007 Tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah

Riduwan, 2009. Metodologi Penelitian.Bandung : Alfabeta.

Sinambela dkk.2007.Teori Administrasi Publik.Jakarta.

__________ 2010. Reformasi Pelayanan Publik.jakarta

Siregar, Baldric dan Bonni Siregar, 2001. Akuntansi Pemerintahan dengan Sistem Dana.

Srimindarti,Caecilia.2004.”Balanced Scorecard:Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja. Jakarta : PT serabi ilmu semesta

Sugiono. 2009.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein.2003.Metode riset Akuntansi Terapan.Jakarta : Ghalia

Umar, Husein.2003.Metode riset Akuntansi Terapan.Jakarta : Ghalia Indonesiat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ruang Jurnal,
Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama,
UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Mahmud Yunus No.6,Lubuk Lintah,
Kota Padang, Sumatra Barat
E-mail: jurnal-alqalb@uinib.ac.id

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.