KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KUANTAN

Dewi Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada beberapa siswa yang mengalami kedisiplinan kurang baik, yang dibuktikan dengan seringnya melanggar aturan sekolah diantaranya tidak membuat pekerjaan rumah, tidak memakai seragam sekolah sesuai aturan, datang terlambat, sering keluar masuk saat jam pelajaran, cabut, membolos dan mencontek saat ujian karena tidak mampu menjawab soal sendiri sehingga mengalami ketinggalan dalam belajar dan memperoleh prestasi belajar yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket memakai skala likert dan dokumentasi hasil belajar. Pengkorelasian variabel penelitian menggunakan rumus r product moment, dengan menggunakan Statistic Product and Science Solution (SPSS) versi 22.00.

References


Achsin, Amir. 1990. Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar Mengajar. Ujung Padang: IKIP Ujung Padang

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1980. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi.Yogyakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2010. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Agama RI. 2007. Al-qur’an dan terjemahannya. Bandung: Syaamil Qur’an

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Idrus, Muhamad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga

Matondang, Zulkifli. 2009. Jurnal Tabularasi PPS UNIMEDValiditas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Medan: UNIMED

Muhidin, Sambas Ali, dkk. 2009. Analisis Korelasi Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Nazir, Moh. 2003. Motede Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Rachman, Maman. 1999. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soejanto, Agoes. 1995. Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses. Jakarta: Rineka Cipta

Subari. 1994. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sudijono, Anas. 1999. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Thohifah, I’natut. 2015. Statistic Pendidikan dan Motede Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani

Tu’u, Tulus. 2008. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo

Yusuf, Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: PT Padang Interpratama Mandiri


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.