EFEKTIVITAS CINEMA THERAPY BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH KAMPUNG PISANG
Abstract
References
Agustin, U. M., Mubina, N., & Hakim, A. R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Meningkatkan Empati pada Narapidana Kasus Kekerasan Seksual di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Jurnal Psikologi Prima Volume 04 Nomor 02 (2021), 04, 1–11.
Angelyna, & Liauw, F. (2020). Fenomenologi sebagai Metode Pengembangan Empati dalam Arsitektur. Jurnal STUPA, 2(2), 1413–1426. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8535
Fatchurahman, M. (2017). Penerapan teknik cynema therapy untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya merokok. 3, 1–10.
Habsyah, N. Y. (2019). Penerapan Cinema Therapy dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. 4(1), 21–37. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Khusumadewi, A., & Juliantika, Y. T. (2018). The Effectiveness Of Cinema Therapy To Improve Student Empathy. 212, 566–569. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.124
Larasati, I. T. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Cinema Therapy untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. 21(1), 1–9.
Latifah, L., & Susanti, R. H. (2016). Upaya Meningkatkan Empati Siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang Melalui Penggunaan Teknik Sinema Terapi. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 88–95.
Machshushoh, D. N., & Nawantara, R. D. (2018). Efektivitas Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa.
Marice, Istirahayu, I., & Fitriyadi, S. (2017). Pelaksanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan empati Siswa Kelas VII di SMP N 7 Singkawang. 2, 15–18.
Maulani, S. (2018). Perilaku Anti Sosial pada Anak Sekolah Dasar dan Upaya Pemecahannya. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1, 24–39.
Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, D. D. P. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41.
Ni’mah, R. (2018). Hubungan Empati Dengan Perilaku Altruistik. At-Tuhfah, 6(1), 99–115. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v6i1.85
Nurbaiti, R. (2019). Efektivitas bimbingan kelompok dengan penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati pada pelaku. Skripsi.
Rangga, C. D. (2017). Efektivitas Cinema Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Depan Kelas Siswa Kelas XI Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri Tahun 2016/2017.
Renata, D., Satrianta, H., Permatasari, R., Rufaidah, A., Utami, S., & Nisa, A. (2020). Movie Therapy To Developing Prosocial Behavior of Childhoods. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i1.56
Rosyida, A. H. (2020). Efektivitas Terapi Film Dalam Meningkatkan Empati. 8(2), 211–220.
Rukminingsih., Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan.
Suwanto, I., & Nisa, A. T. (2017). Cinema therapy sebagai intervensi dalam konseling kelompok. 3, 147–152.
Ula, A. M. (2017). Hubungan Empati dengan Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Malang.
Wicaksono, G. (2018). Efektivitas Metode Cinematherapy Terhadap Peningkatan Konsep Diri Positif Siswa SMA. Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4, 305–313.
DOI: 10.15548/atj.v8i2.4660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.