Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran
Abstract
elajar adalah suatu proses psikis yang berlangsung dalam interaksi antara subjek dengan lingkungannya dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, sikap dan kebiasaan yang bersifat relatif konstan/tetap baik melalui pengalaman, latihan maupun praktek. Salah satu teori belajar yang berkembang dan dipakai di dunia pendidikan adalah teori belajar kognitif. Diantara teori belajar kognitif tersebut adalah Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky, Teori Kognitif menurut Lewin (teori medan) dan Teori Kognitif menurut Jerome Bruner.
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi: Edisi Keenam. Alih Bahasa oleh Tri Bowo B.S. Jakarta: Kencana.
Khodijah, Nyayu, 2014, Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Edisi Keenam. Alih Bahasa: Wahyu Indianti, dkk. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Saam, Zulfan. 2010. Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: UR Press.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan: Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Solso, Robert L.,dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Edisi Kedelapan. Alih Bahasa: Mikael
Rahardanto dan Kristianto Batuadji. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Syah, Muhibbin, 2009, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosda Karya
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Cetakan Kesepuluh. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: 10.15548/atj.v3i2.528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.