Peran Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Masalah Kedisiplinan Siswa

Ahmad Masrur Firosad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa dengan  menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain pemberian peringatan kepada siswa, pemberian bimbingan secara individu, pemberian bimbingan secara kelompok, pemanggilan orangtua siswa, pembiasaan kedisiplinan di dalam intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiyah. 1975. Pembinaan Re-maja. Jakarta: Bulan Bintang.

Fazlurrahman. 1987. Islam Modern Tan-tangan Pembaharuan Islam. Yogya-karta: Shalahuddin press.

Gunawan, Yusuf. 2001. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Perlindo.

Surya, Mohammad & Djumhur. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Se-kolah. Bandung: Ilmu.

Juntika, Ahmad. 2006. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama.

Kartono, 1996. Psikologi Anak. Jakarta: Alumni Pers.

Moloeng, Lexy J. 2009. Metodologi Pene-litian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nata, Abuddin. 2010. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurihsan, A. Juntika. 2007. Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Roqib, Muhammad, Nurfuadi. 2009. Ke-pribadian Guru. Yogyakarta: Gra-findo Litera Media.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1997. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syafaat, Aat dkk. 2008. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Ke-nakalan Remaja (Juvenile Deli-nguency). Jakarta: Rajawali Pers.

Tohirin. 2009. Bimbingan dan konselingdi Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. 1995. Bimbingan & Pe-nyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, Cece dan A Tabrani Rusyan. 1991. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses belajar Mengajar. Ban-dung: Remaja Rosda Karya.

Winkel, W. S. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Grasindo.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i1.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.