تأثير وسيلة البطاقة الومضية على فهم المفردات دراسة تجريبة فى مدرسة معارف الابتدائية الاسلامية الاتحادية بادنج بنجنج

Putri Hardiyanti, Asrina Asrina

Abstract


Di antara media pengajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah flash card, yaitu sarana bermain bagi anak dengan sistem tertentu. Permasalahan penelitian yang diajukan adalah bagaimana pengaruh penerapan media kartu flash (flash card) terhadap pemahaman kosa kata Arab bagi siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Maarif Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media kartu flash (flashCard) dalam pembelajaran kosa kata Arab, dan pengaruhnya terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan metode statistik. Pengumpulan data didapat melalui tes. Responden terdiri dari guru bahasa Arab dan siswa. Dalam penelitian ini digunakan teori yang dikembangkan oleh Azhar Arsyad dan Abd Wahab Ar-Rasyidi tentang media kartu flash (flash card). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa penerapan media kartu flash (flash card) berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata Arab yang disimpulkan dari hasil uji tes yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari pemahaman tentang makna kosa kata Arab dalam Tes-T 3,18 dan hasil dari pembelajaran bahasa Arab dari segi pelafalan huruf dan pemahaman makna kata dalam Tes-T adalah 6,02. Karena itu hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Terdapat perbedaan antara hasil kemampuan siswa dengan penerapan media kartu flash (flash card) dengan kemampuan siswa yang tanpa penerapan media kartu flash (flash card).
Kata Kunci: media, kartu flash (flash card), kosa kata


Abstract views : 245 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 135 times

References


Abdul Wahab Rasyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Press, 2009.

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset, 2011.

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Grafindo

Persada, 2005.

Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


UPT Pengembangan Bahasa, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153