Analisis Pentingnya Kompetensi Pedagogik dan Literasi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru

Angkling Maulana Haz, Eka Setiawati Sugianto

Abstract


Meluasnya penyebaran infeksi virus COVID-19 di Indonesia selama kurang lebih dua tahun, menuntut pembelajaran di sekolah dilakukan secara virtual (berbasis web). Pembelajaran virtual mengharapkan guru dapat menguasai teknologi dan mengoptimalkan kemampuan penyampaian pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran tercapai secara ideal dan maksimal. Salah satu kompetensi yang sangat penting untuk dimiliki dan dikembangkan oleh guru adalah kompetensi pedagogik dan literasi digital. Namun masih banyak yang belum sadar betapa pentingnya kompetensi pedagogik dan literasi digital dalam meningkatkan kinerja guru. Penulis mencoba untuk menggunakan pendekatan kualititatif dan memaparkan datanya secara deskripsi analisis tentang pentingnya kompetensi pedagogik dan literasi digital dalam upaya untuk meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan penilitian dapat dijelaskan hasil sebagai berikut: (1) Jika kompetensi pedagogik dan literasi guru menunjukkan penguasaan yang rendah maka kinerja guru juga akan rendah; (2) Jika kompetensi pedagogik meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat; (3) Jika literasi guru meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan literasi guru secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru di Madrasah.

Full Text:

PDF

Abstract views : 580 times
PDF : 311 times

References


Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 98–104.

Baso, I. S., Patahuddin, & Surya, D. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Kinerja dan Literasi Digital Guru SMA Negeri Kabupaten Gowa. Global Journal Teaching Professional, 1(November), 24–29.

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Haz, A. M. (2022). Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Literasi Guru dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi. Universitas Islam 45 Bekasi.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370

Lindfors, M., Pettersson, F., & Olofsson, A. D. (2021). Conditions for professional digital competence: the teacher educators’ view. Education Inquiry, 12(4), 390–409. https://doi.org/10.1080/20004508.2021.1890936

Sadulloh, U. (2011). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Alfabeta.

Sugianto, E. S. (2017). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Tenaga Pendidik pada MTsN Unggulan Manado. Universitas Negeri Manado.

Sugianto, E. S. (2022). The Role of Collaborative Learning and Project Based Learning to Increase Students’ Cognitive Levels in Science Literacy. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 67–72. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.011

Trisnawati, Manalu, M., & Amini, M. (2022). Hubungan Kinerja dan Keterampilan TIK Guru terhadap Hasil Belajar dan Literasi Digital Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9440–9449.

Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digita. Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri Di Era Literasi Digital, 4, 424–431. http://researchreport.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3704

Yuliejantiningsih, Y. (2012). Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru SD. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 1 (3), 239–256.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.