Maksimalisasi Potensi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Strategi Kooperatif Kontemporer
Abstract
Sangat penting pengembangan potensi siswa di bidang akademik dan non-akademik melalui metode pembelajaran yang efektif. Pembelajaran Bahasa Arab sering kali menghadapi tantangan dalam hal motivasi dan partisipasi siswa, sehingga diperlukan strategi inovatif untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai manfaat dan teknik strategi kooperatif kontemporer dalam memaksimalkan potensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTsS Subhulussalam Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta studi pustaka dari buku dan jurnal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas strategi pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi diri siswa, yang meliputi kemampuan fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan, dan nilai-nilai, dapat dikembangkan melalui strategi pembelajaran kooperatif. Faktor-faktor seperti bakat khusus, kemauan, lingkungan yang mendukung, serta dukungan dari keluarga dan sekolah, berperan penting dalam pengembangan potensi ini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/lisaanuna.v7i2.10857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang ---- Jl. M. Yunus, Lubuk Lintah, Kuranji. Kota Padang, Sumatera Barat 25153