Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau

eka hastuti, Ahmad Amin, Yaspin Yolanda

Abstract


This study aims to determine the relationship between independent learning and science learning outcomes of seventh grade students of SMP Negeri 3 Lubuklinggau in the academic year 2020/2021. The method used is descriptive method with the type of research correlation study. The data collection technique in this study used a questionnaire and observation techniques. The population in this study were all class VII students of SMP Negeri 3 Lubuklinggau, totaling 314 students and the research sample was class  which was taken by random sampling. Learning independence under study is learning independence with indicators of responsibility, strong self confidence and creative thinking. The data collected were analyzed using product moment correlation. The correlation between independent learning and science learning outcomes is  = 0.5 which is in the very low category. Based on the results of data analysis t-count = 2.66 and t-table = 2.080 because t-count > t-table, it can be concluded that there is no positive and significant relationship between student learning independence and student learning outcomes of class VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau academic year 2020/2021. The result of the calculation of the coefficient of determination of the correlation between independent learning and science learning outcomes is 25%..


Keywords


Kemandirian Belajar; Hasil Belajar IPA

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin & Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriana. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST. Vol 1 No (2).

Handayani. (2018). Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education. Vol 01, No. 2. E-ISSN 2654-5497, P-ISSN 2655-1365.

Hariyanto dan Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairunnisa dan Sugiharsono. 2015. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Problem Solving Dan TAI Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS.Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan IPS. Vol 2 No.1.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nur’Asyah. 2005. Hubungan Kepercayaan Diri dan Persepsi Siswa Terhadap Matematika dengan Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri Se Kota Medan. Tesis tidak diterbitkan. Medan : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Nurhayati, dkk. 2016. Pengaruh Keharmonisan Keluarga dan Kemandirian belajar anak terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD. Vol. 1 No.2.

Nurlia. (2017). Hubungan Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.6 No 2.

Rokayah, dkk. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 1 No.8.

Roshidah. 2010. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Parung-Bogor. Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfa Beta

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumu Akasara

Sudjana. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendri dan Mardalena. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif. Vol 3 No (2).

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tahar & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. vol 7 No (2).

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ulfa, Dinia. 2014. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Skripsi tidak diterbitkan. Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wahyudi. 2011. Analisi Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Perestasi belajar Mahasiswa Prodi Fisika Stkip Pgri Pontianak. Jurnal FPMIPA Vol. 1 No.2

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v8i1.3216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.