Pemanfatan Arduino nano dalam Perancangan Media Pembelajaran Fisika

Muharmen Suari

Abstract


Fisika merupakan salah satu ilmu alam yang penting untuk dipelajari. Agar fisika lebih mudah dipahami oleh siswa maka diperlukan media pembelajaran fisika yang cocok dengan materi yang akan dibahas dan juga melalui praktikum. Media pembelajaran fisika berupa alat peraga dapat dirancang dengan memanfaatkaan arduino sebagai pemrosesnya. Bagian penting pada arduino yang dapat dimanfaatkan dalam perancangan media pembelajaran fisika adalah timer, counter, interupsi timer dan ADC. Dengan timer dan interupsi timer dapat dirancang timer digital yang membatu dapat menjelaskan materi yang berhubungan dengan gerak. Dengan memanfaatkan adc 10 bit dari arduino ditambah dengan sensor sensor digital maka akan dihasilkan alat alat ukur digital yang otomatis dan menunjang dalam media pembelajaran fisika berupa praktikum nantinya.

References


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Giancolli, Douglas C. 2001. Fisika Jilid 2 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Hartati, B. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis SiswaSMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(2).

http://arduino.cc/en/Main/Products, diakses tanggal 22 September 2017.

http://ecadio.com/mengenal-dan-belajar-arduino-nano diakses tanggal 8 agustus 2017.

Malik, M., (2003), Belajar Mikrokontroller Atmel AT89S8252, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Perangin-angin, B., (2008), Rancangan alat pengukur kecepatan kendaraan di jalan tol berbasis mikrokontroller AT89S51, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rohman, M. 2013. Strategi dan desain Pengembangan Sistem Pembelajaran Surabaya: Prestasi Pustaka.

Simanjuntak, H., (2001)., Dasar-dasar mikroprosesor, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Young & freedman. (2002). Fisika Universitas Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v3i2.443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Natural Science Journal