ANALISIS KEBIJAKAN PERWALI PADANG TENTANG PROGRAM PENDIDIKAN TAHFIZ AL-QUR’AN

Azan Muhammad Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perwali Padang tentang program pendidikan tahfidz al-Qur'an. Dengan adanya peraturan Walikota Padang Nomor 33 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Hafiz al-Qur’an disinyalir menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman terhadap al-Qu’an khususnya dalam pelafalan dan penghafalan dan lebih pentingnya dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an dalam keseharian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Fokus penelitian berdasarkan analisis kebijakan Peraturan Walikota Padang Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pendidikan Hafiz al-Qur’an dalam lingkup Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo dengan berfokus pada salah satu Pondok Hafidz al-Qur’an bernama Rumah al-Qur’an al-‘Adib. Sumber data yang digunakan dalam bentuk data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, dihasilkan bahwa penerapan dari Peraturan Walikota Padang Nomor 33 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Tahfiz al-Qur’an berhasil diterapkan di Kota Padang terkhusunya di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo. Semangat untuk mempelajari al-Qur’an mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menjadi kunci utama dalam penerapan peraturan Walikota ini. Dengan demikian Pendidikan Hafiz al-Qur’an dapat terlaksana secara baik dan relevan.


Keywords


Kebijakan, Pendidikan Tahfiz, Hafiz al-Qur’an, Program Pendidikan

Full Text:

PDF 1-9


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3322
Abstract views : 134 times
PDF 1-9 : 83 times

References


Abdulwaly, Cece. (2018). Jadilah Hafizh. Yogyakarta: DIVA Press.

Akmal Mundiri dan Irma Zahara. (2017). Implementasi Metode STIFIn Dalam Menigkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), Vol. 5, No. 2.

Al-Ajlan, Abdul Lathif. (2006). Rambu-Rambu Pemukulan dalam Pendidikan Anak. Bogor: Pustaka Ulil Albab.

Aristanto, Eko., dkk. (2019). Taut Tabungan Akhirat Perspektif “Kuutab Rumah Qur’an. Malang: Uwais Inspirasi Indonesia.

Bashori, B. (2016). Fazlur Rahman; Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Hikmah, 5(1), 23–44.

Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Bashori, B. (2018). Sejarah Perundang-Undangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Hikmah, 23(1), 92–112.

Bashori, B. (2019). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Multikulturalisme. 11(2), 102–120.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20. Sistem Pendidikan Nasional.

Djamaluddin, Ahdar. (2014). Filsafat Pendidikan. ISTIQRA’, Vol.1, No. 2.

Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfizh Al-Quran Di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. KORDINAT: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. Vol. 16, No. 2.

Fatimah, Laila. (2018). Startegi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung. Skripsi. Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Haerul, Akib, & Hamdan. (2016). Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 6, No. 2.

Herdiana, Dian. 2018. Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian Dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, Vol. 1, No. 3.

Islamiyah, Fajriatul., dkk. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No 1.

Kartika, Tika. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Islamic Education Manajemen. Vol. 4, No. 2.

Kusumawati, Mustika Prabaningrum. (2019). Harmonisasi Antara Etika Publik Dan Kebijakan Publik. Jurnal Yuridis. Vol. 6, No. 1.

Masduki, Yusron. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Medina-Te. Vol. 18, No 1.

Masduku, Yusron. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te, Vol. 18, No.1.

Nata, Abudin. (2016). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.

Purnomo, Agung dan Setiawati, Rina. (2017). Era Genetik. Bekasi: Yayasan Qurrotu A'yun.

Ramdhani, Abdullah. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, Vol.11, No. 1.

Soyomukti, N. (2015). Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)liberal, Marxis-sosialis, Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Syamsuddin, Achmad Yaman. (2016). Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an. Jateng: Insan Kamil.

Wahyudi, A. (2016). Implementasi Rencana Strategis Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dalam Upaya Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Di Kabupaten Kotawaringin Barat. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik . Vol. 2, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.