ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM WAJIB BELAJAR 12 TAHUN DI PROVINSI LAMPUNG

Bashori Bashori, Septi Gia Aprima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan paradigma baru terhadap masyarakat khususnya masyarakat provinsi Lampung agar peduli terhadap pendidikan anak. Dengan adanya peraturan daerah provinsi Lampung nomor 18 tahun 2014 tentang program wajib belajar 12 Tahun disinyalir menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pendidikan wajib 12 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Fokus penelitian berdasarkan analisis kebijakan Peraturan daerah provinsi Lampung nomor 18 tahun 2014 di kawasan Lampung. Sumber data yang digunakan dalam bentuk data primer. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data dari hasil  wawancara yang dilakukan penulis. Dalam penelitian ini, dihasilkan bahwa penerapan peraturan daerah provinsi Lampung nomor 18 tahun 2014 tentang program wajib belajar 12 tahun adalah minat dan bakat serta semangat untuk terus belajar dan mengasah potensi yang ada pada diri anak menjadi pemicu terwujudnya program wajib belajar. Dengan demikian program wajib belajar 12 tahun ini dapat terlaksana secara baik dan relevan.


Keywords


Analisis, Kebijakan, Wajib Belajar 12 Tahun

Full Text:

PDF 18-28


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3324
Abstract views : 839 times
PDF 18-28 : 2823 times

References


Usman, & Nasir. (n.d.). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Sekolah Manajemen Kejuruan

Arif Rohman, Dardiri, A., & Setya Raharja. (2014). Kebijakan Politk Anggaran Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2).

Bashori, B. (2016). Manajemen Perubahan Kurikulum Ktsp 2006 Ke-Kurikulum 2013 Di Sma Negeri 1 Kediri. Jurnal LPPM, 4(2), 94–106.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa: Pendidikan Islam, 11(2), 269–296.

Bashori, B. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535

Bashori, B., Prasetyo, M. A. M., & Susanto, E. (2020). Change Management Transfromation In Islamic Education Of Indonesia. Social Work and Education, 7(1), 84–99.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna. (2020). Strategy of Boarding School ( Pesantren ) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142–160.

Bagi, T., Yang, A., Di, B., Kopi, W., Tridharma, P., Kebomas, K., Winarsih, E. (n.d.). Implementasi Hak Pendidikan Anak Dikaitkan Dengan Wajib Belajar Wajar) 9 Tahun Bagi Anak Yang Bekerja Di Warung Kopi Pujasera Tridharma Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Berlian, N., Peneliti, V., Pada Puslitjaknov, M., & Kemdiknas, B. (n.d.). Faktor-faktor yang Terkait dengan Rendahnya Pencapaian Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun. Handayani, T. (2012). Menyongsong Kebijakan Pendidikan Menengah Universal: Pembelajaran Dari Implementasi Wajar Dikdas 9 Tahun. Jurnal Kependudukan Indonesia, 7(1), 39–56.

Kabupaten Kolaka. (2014). Peraturan Daerah Kabupaten Kolaka Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sistem Pendidikan Daerah. Kabupaten Kolaka: Kabupaten Kolaka.

Kusuma, W., Suhartono, D., & Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, P. (2013). Implementasi Kebijakan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Pada Pondok Pesantren Salafiyah Di Kabupaten Kubu Raya Implementation Of Compulsory Study Program For 9 Years Basic Education Policy At Pesantren Salafiyah In Kubu Raya District.

Kusuma Wardani Welly. (2015). Implementasi Program wajib Belajar 12 Tahun Di Provinsi DKI Jakarta (Studi Kota Administrasi Jakarta Timur). Journal Of Politic and Govemment Studies, 4(2), 371–388

Montolalu, A. A. (2015). Peran Pemerintah dalam Mewujudkan Pendidikan Wajib Belajar di Kecamatan Matuari Kota Bitung.

Musyaddad. (2013). Problematika Pendidikan Di Indonesia. Problematika Pendidikan Di Indonesia

Nada Nazopah. (2012). Penuntasan Wajib Belajar Sembilan Tahun di Kota Mataram, NTB Universitas Malang.

Nur Millah, F., Ruyadi, Y., & Nurdin, E. S. (2015). Analisis Sosial Budaya yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun. Jurnal Sosietas, 5(Nomor 1)

Prayitno Didi. (2008). Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah (Studi Kasus Pelaksanaan Program Wajib Belajar Sembilan Tahun Di Distrik Semangga, Kabupaten Merauke). Universitas Diponegoro.

Putera, R. E. (2010). Formulasi Kebijakan Anggaran Pendidikan dalam Mewujudkan Peningkatan Pemerataan Pendidikan Era Otonomi Daerah di Kabupaten Solok. Jurnal Demokrasi, 9(Nomor 2), 205–226

.Ratnawati, D., Suwitri, S., & Rengga, A. (2013). Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Wajib Belajar 12 (Dua Belas) Tahun di Kabupaten Kudus

Rawita, I. S. (2010). Kebijakan Pendidikan Teori, Implementasi dan Monev Yogyakarta: PT. Kurnia Alam Semesta. Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesai Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ross, B.H. (2008). The psychology of learning and motivation: Advences in reasearch and theory. Urbana. Elsevier Inc. Rothbard, M. A. N. (1999). Education free and compulsory.Auburn: Ludwig von Mises Institute.

Seel, N.M. (2012). Encyclopedia of the sciences of learning. New York: Springer. Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Vassiliou. A. (2011).Grade retention during compulsory education in europe: Regulation and statistics. Brussels: EACEA P9 Eurydice.

Worthen, B.R. & Sanders, J.R. (1981). Educational evaluation: Theory & Practise. Belmont California: Wordsworth Publishing Company Inc

Sunarno. (2013). Impelemntasi Kebijakan Pendidikan Sekolah Gratis Program wajib Belajar 9 Tahun Universitas Terbuka.

Todaro, P, M., & Stephen C. Smith. (2003). Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ke Tiga (Delapan). Jakarta: Erlangga. Ulfatin, N., Mukhadis, A., & Imron, A. (n.d.). Profil Wajib Belajar 9 Tahun Dan Alternatif Penuntasannya.

Vadhillah, S., & Bashori, B. (2020). Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Esensi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Uin Imam Bonjol Padang. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1(1), 877–883.

Zamzuri, M. (2016). Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jalur Kms Kelas Xi Smkn 3 Yogyakarta. Pengaruh Minat Belajar 4(nomor 8), 583–590.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.