KEBIJAKAN PERMENDIKNAS TENTANG PENYELENGGARAAN PEDIDIKAN INKLUSI
Abstract
Penyelenggaraan pendidikan inklusi merupakan suatu sistem layanan pendidikan khusus yang mensyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus mendapatkan layanan pendidikan di kelas yang sama bersama siswa regular. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi termasuk bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan. Penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia yang dilaksanakan kurang berjalan dengan baik atau masih jauh dari apa yang diharapkan, dengan kendala implemetasi pendidikan inklusi ini adalah seperti pemahaman dan peran guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus masih sangat minim, layanan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu sekolah dalam pendidikan inklusi ini masih kurang maksimal.
Keywords
Full Text:
PDF 29-37DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3325
Abstract views : 211 times
PDF 29-37 : 501 times
References
Aedy, H. Hasan. (2009). Karya Agung Sang Guru Sejati. Bandung: Alfa Beta
Agustin, Ina. (2019). Analisis Permasalahan dalam penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. ELSE (Elementary School Education Journal). 2 (3)
Agustin, Ina. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari Kota Malang. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01.
Bashori. (2016a). Fazlur Rahman; Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Hikmah-Jurnal Pendidikan Islam, X(2), 24.
Bashori. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Melaui Surat Keputusan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 124–137.
Bashori, B. (2016b). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Bashori, B. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris.
Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama (I. C. Gunawan (ed.); I). CV. IRDH Malang.
Desje Lattu. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1), 61-67
Haryono, Ahmad Syaifudin, Sri Widiastuti. (2015). Evaluasi pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 32 Nomor 2
Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Iswari, Mega. (2008). Kecakapan Hidup Bbagi Anak Berkebutuhan Khusus, Padang: UNP Press
Khotimah, Khusnul. (2019). Analisis kebijakan sekolah inklusi. Jurnal Realita. Vol 17 (2), 75-83
Kustawan, Dedy dan Yani Meimulyani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.
Nazir, Muhammad. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009
Pratiwi, Jamilah Candra. (2015). Sekolah Inklusi untu Anak Berkebutuhan Khusus. Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta
Pujaningsih. (2011). Redesain Pendidikan Guru Untuk Mendukung Pendidikan Inklusif. Universitas Negeri Yogyakarta
Purwandari. (2009). Pendidikan Inklusif: Masalah Ketenagaan dan Peran Serta Perguruan Tinggi dalam Penyelenggaraan Sekolah Inklusif. Grage: Yogyakarta
Saputra, Angga. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 3.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),
Sunaryo. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). Jurnal Penelitian Pendidikan Jassi Anakku, 10 (2), 184–200.
Sutrisno. (2012). “Signifikansi Pendidikan Inklusi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua”. Jurnal Mukaddimah, Vol. 18, No. 1, 2012, hlm. 31 – 40.
Wardani. (2009). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Yusraini. (2013). Kebijakan Pemerintah Terhadap Inklusif. Jurnal Media Akademika. Vol. 28 No 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED BY:
MAPS:
LICENSE:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.