KEBIJAKAN PERMENDIKNAS TENTANG PENYELENGGARAAN PEDIDIKAN INKLUSI

Sania Sania

Abstract


Penyelenggaraan pendidikan inklusi merupakan suatu sistem layanan pendidikan khusus  yang mensyaratkan  agar  semua  anak  berkebutuhan  khusus  mendapatkan  layanan pendidikan  di  kelas  yang sama  bersama  siswa  regular. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi dalam pelaksanaan pendidikan inklusi termasuk bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).  Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan. Penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia yang dilaksanakan kurang berjalan dengan baik atau masih  jauh dari apa yang diharapkan, dengan  kendala implemetasi pendidikan inklusi ini adalah seperti pemahaman dan peran guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus masih sangat minim, layanan fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh suatu sekolah dalam pendidikan inklusi ini masih kurang maksimal.


Keywords


Kebijakan, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF 29-37


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3325
Abstract views : 211 times
PDF 29-37 : 501 times

References


Aedy, H. Hasan. (2009). Karya Agung Sang Guru Sejati. Bandung: Alfa Beta

Agustin, Ina. (2019). Analisis Permasalahan dalam penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. ELSE (Elementary School Education Journal). 2 (3)

Agustin, Ina. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari Kota Malang. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01.

Bashori. (2016a). Fazlur Rahman; Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Hikmah-Jurnal Pendidikan Islam, X(2), 24.

Bashori. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Melaui Surat Keputusan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 124–137.

Bashori, B. (2016b). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bashori, B. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris.

Damri. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama (I. C. Gunawan (ed.); I). CV. IRDH Malang.

Desje Lattu. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1), 61-67

Haryono, Ahmad Syaifudin, Sri Widiastuti. (2015). Evaluasi pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 32 Nomor 2

Ilahi, Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Iswari, Mega. (2008). Kecakapan Hidup Bbagi Anak Berkebutuhan Khusus, Padang: UNP Press

Khotimah, Khusnul. (2019). Analisis kebijakan sekolah inklusi. Jurnal Realita. Vol 17 (2), 75-83

Kustawan, Dedy dan Yani Meimulyani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

Nazir, Muhammad. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009

Pratiwi, Jamilah Candra. (2015). Sekolah Inklusi untu Anak Berkebutuhan Khusus. Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta

Pujaningsih. (2011). Redesain Pendidikan Guru Untuk Mendukung Pendidikan Inklusif. Universitas Negeri Yogyakarta

Purwandari. (2009). Pendidikan Inklusif: Masalah Ketenagaan dan Peran Serta Perguruan Tinggi dalam Penyelenggaraan Sekolah Inklusif. Grage: Yogyakarta

Saputra, Angga. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 3.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),

Sunaryo. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya). Jurnal Penelitian Pendidikan Jassi Anakku, 10 (2), 184–200.

Sutrisno. (2012). “Signifikansi Pendidikan Inklusi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua”. Jurnal Mukaddimah, Vol. 18, No. 1, 2012, hlm. 31 – 40.

Wardani. (2009). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Yusraini. (2013). Kebijakan Pemerintah Terhadap Inklusif. Jurnal Media Akademika. Vol. 28 No 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.