ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Rati Melda Sari

Abstract


Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mampu melakukan proses pematangan kualitas siswa yang dikembangkan dengan cara membebaskan siswa dari ketidaktahuan dan ketidakmampuan. Dengan adanya pendidikan yang bermutu maka akan terlahir generasi atau sumber daya manusia yang unggul dalam segala aspek kehidupan. Banyak kebijakan yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, seperti kebijakan merdeka belajar. Institusi pendidikan juga tidak kalah tertinggal dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu dengan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta kualitas pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, dimana penelitian deskriptif dalam hal ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan kebijakan merdeka belajar sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan sumber yang diambil yaitu dari buku-buku ilmiah yang sudah diterbitkan dengan maksud untuk dijadikan sebagai bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian kebijakan merdeka belajar dapat dilakukan dengan belalui peningkatkan mutu pendidikan, proses pembelajaran, komitmen dari guru, dukungan dari kepala sekolah, dan kurikulum pendidikan.


Keywords


Kebijakan Merdeka Belajar, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF 38-50


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Abstract views : 4525 times
PDF 38-50 : 10528 times

References


Astutik, Pipit P. (2017). Integrasi PKK dan HOTS dalam Pembelajaran Tematik SD. Jurnal FIP UM.

Azhari, Muhammad. (2017). Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Analytica Islamica. Vol. 6 No. 2.

Bashori, B. (2016). Manajemen Perubahan Kurikulum KTSP 2006 ke-Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Kediri. Jurnal LPPM, 4(2), 94–106.

Bashori, B. (2017a). Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits (Studi Pada Siswa Kelas VII B di MTs Thamrin Yahya Rambah Hilir).

Bashori, B. (2017b). Penerapan Strategi Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii C Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Mts Thamrin Yahya Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Hikmah, 67–75.

Bashori, B. (2017c). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris.

Baro'ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.

Bamalli, H.S. (2013). Competencies and Strategies for the Teaching of 21st Century Learners in Vocational Home Economics Education. Journal of Educational and Social Research, 3 (9) : 105-108

Chen, H.L.S., & Huang H.Y. (2017). Advancing 21st Century Competencies in Taiwan. National Taiwan Normal University: 1-21.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Evelin Siregar & Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Konstruktivisme, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,12 (2): 155-164

Fitrah, M. (2017). “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1) hlm. 36.

Hendra, Suwardana. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, Jati Unik, 1(2): 102-110.

Heryati. (2010). Model Inovatif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Hidayat, Rahmat. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendikan Islam. Medan: LPPPI

Hussen, A. A., & Teshome, T. Z. (2016). Teachers Professional Commitment Towards Students Learning , Their Profession and The Community In Eastern Ethiopian Secondary Schools. Journal Of Teacher Education And Educators, 5(3), 289–314

H.M. Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Jane, J. S. A. M., & Kumar, S. P. (2017). Teacher Commitment and Student Achievement In Chemistry At Higher Secondary Level. International Journal of Current Research and Modern Education (IJCRME), 2(1), 37–40

Kumar, R. (2011). Research Methodology A Step-By-Step Guide For Beginners (3rd Edition). California: SAGE Publications Asia-Pacific Pte Ltd. Retrieved.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung Rosda. Cetakan Kesembilan.

Mualifah, I. 2013. Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01 (01): 102-121.

Mustaghfiro, Siti. 2020. Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Edureligia 4, 1: 3-5

Nata, Abuddin. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nurdin, Syafruddin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Ngussa, B. M., & Gabriel, L. (2017). Participation in Decision Making and Teachers "Commitment : A Comparative Study between Public and Private Secondary Schools in Arusha Municipality, Tanzania. American Journal of Educational Research, 5(7), 801– 807.

Risnita, R., & Bashori, B. (2020). The Effects of Essay Tests and Learning Methods on Students’ Chemistry Learning Outcomes. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 332–341. https://doi.org/10.36681/tused.2020.30

Ramayulis. 2012. Metodologi pendidikan agama islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna. (2020). Strategy of Boarding School (Pesantren ) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142–160.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saiful sagala. (2004). Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: Rakasta Samasta.

Suarga, Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Layanan Administrasi Pendidikan, (Jurnal Idaroh, Vol. I, No. 1. Juni 2017), hlm. 29-31.

Suyahman, ‘Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis di Sekolah Menengah’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (2016), 1047-1054 .

Swarnalatha, S. S. (2016). Work Commitment of Secondary School Teachers. The International Journal of Indian Psychology, 3(4), 85.

Wina Sanjaya Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.