ANALISIS PERATURAN BUPATI SOLOK TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS ISLAMI

Bashori Bashori, Sari Putri

Abstract


Salah satu peran pendidikan adalah mewariskan nilai-nilai luhur budaya kepada siswa dalam upaya membentuk kepribadian intelektual yang bertanggung jawab melalui jalur pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis peraturan Bupati tentang penyelenggaraan sekolah berbasis Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis verbal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sekolah menengah  pertama berbasis Islami di Kabupatem Solok sudah berjalan sejak dikeluarkannya peraturan Bupati Solok sehingga sekolah-sekolah sudah menjalankan pendidikan sesuai yang diatur oleh peraturan tersebut.


Keywords


Kebijakan, Sekolah Islami

Full Text:

PDF 51-60


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3327
Abstract views : 134 times
PDF 51-60 : 98 times

References


Abdul Majid, Sholeh Abdul Aziz, Abdul Aziz (1996). al Tarbiyah wa al Thuruq al Tadris (Juz I), Dar Al-Maarif: Mesir.

Aggito, Albi and Johan Setiawan.(2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . (Jejak Publisher).

Al-Attas, Muhammad Syed Naquib (1994). Konsep Pendidikan Dalam Islam: Bandung: Mizan

Bashori, B. (2016). Fazlur Rahman; Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Hikmah, 5(1), 23–44.

Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Bashori, B. (2019). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Multikulturalisme. 11(2), 102–120.

Bashori, B. (2021). Kebijakan Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Dan Sastra Minangkabau di Sd/Smp Kota Pariaman Sebagai Upaya Pelestarian Budaya. Hikmah: Jurnal Pendidikan …, 10(1), 91–105. Retrieved from https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/262

Fakhrurrazi, F. (2018).”Hakikat Pembelajaran Yang Efektif”:Jurnal At-Tafkir, vol 11, no 1

Globalisasi”: Jurnal Unair, vol 24, no 4

Hidayat Tatang, Asyafah Abas (2019).”Konsep Dasar dan Implikasi Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1

Idrus Hariri, A., & Mulyani, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngaseup Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sman 1 Maja”: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains Scientiae Educatia, Vol. 5, No. 1

Ikandar.(2019), Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif).

Irfani. Membangun Budaya Islami di Sekolah, Jurnal Iain Gorontalo, Vol. 11, No. 1

Jamila. (2016). Pendidikan Berbasisi Islami Yang Memandirakan dan Mendewasakan. Jurnal Edu Tech, Vol. 2 No. 2.

Maknun, J. (2017).”: Konsep Sains Dan Teknologi Pada Masyarakat Tradisional di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, Vol. 2, No. 2.

Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Jurnal UIN Alaudin Makasar, Vol. 7 No. 1.

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus

Nurkholis.(2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknilogi, Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 3, No. 2.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96.

Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture

Rahayu, A. (2014). Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol. 02, No. 01.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. (2020). "Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19": Jurnal Mappesona Vol. 2, No. 2.

Suastra, I. W. (1999). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 43, No. 2.

Suyahman.(2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah, Jurnal Pendidikan

Wahidin, Unang Ahmad, S. (2018). Teori-Teori Pendidikan, Jurnal Edukasi Islami. Vol . 07, No 1

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6, No. 1.

Yunus, R. (2016). Tran


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.