KEBIJAKAN QANUN ACEH TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAYAH

Ismika Putri Qamariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan Qanun Aceh tentang penyelenggaraan pendidikan Dayah. Kebijakan ini tentang Qanun Aceh Nomor 9 tahun 2018 ini akan memberikan kepercayaan kepada lembaga pendidikan yaitu pesantren untuk mendidik anaknya dilembaga tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil dan implementasi penelitian ini adalah bahwa kota Aceh sudah terkenal sampai saat ini dengan sebutan serambi mekkah yang mana masyarakatnya sangat patuh dan taat terhadap syariat Islam. Semangat anak dan dorongan dari orang tua untuk memberikan pendidikan di pesantren memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan pendidikan di masyarakat. Dengan demikian, pendidikan Dayah di Aceh dari awal priode hingga sekarang terlaksana secara baik dan relevan.


Keywords


Kebijakan, Pendidikan Dayah

Full Text:

PDF 100-111


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3331
Abstract views : 402 times
PDF 100-111 : 419 times

References


Bashori. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Tentang Atribut di Lingkungan Sekolah Pemerintah. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 124–137.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan. https://doi.org/10.22202/mamangan.1313

Bashori, B., & Prasetyo, M. A. M. (2021). The Adiwiyata Islamic Boarding School Management (A Study of Participatory Leadership Style). Al-Ta Lim Journal, 28(2).

Fakhrurrazi. (2017). Dinamika Pendidikan Dayah Antara Tradisionnal dan Modern. Jurnal at-Tafkir, Vol. X No. 2

Haidar Putra Daulay. (2007). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Kencana.

Hasjmi. (1993). Kebudayaan Aceh Dalam Sejarah, Jakarta: Benua

H.M hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Hamdiah M. Latif. (2007). Tradisi dan Vitalitas Dayah (Kesempatan dan Tantangan, Didaktika

Hasjmi. (1993). Kebudayaan Aceh Dalam Sejarah, Jakarta: Benua

Ibrahim Ishaq, (2010) Apresiasi terhadap Peranan Dayah dalam Pembinaan Masyarakat di Sekitarnya” dalam M. Hasbi Amiruddin (ed.), Apresiasi Dayah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Aceh. Banda Aceh: Pengurus Besar Persatuan Dayah Inshafuddin.

M. Arif Idris, 2020 “Peran Pendidikan Dayah Dalam Pembentukankan Rakter Pemuda Aceh” Jurnal At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. 12 No. 1

Marzuki, M. (2011). Sejarah Dan Perubahan Pesantren Di Aceh. Millah: Jurnal Studi Agama.

Masnur Muslich, (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

M. Hasbi Amiruddin. (2013). Pendidikan Islam Pada Masa Kerajaan Aceh Darussalam Abad Ke 16-17 Masehi. Lihat juga dalam buku: Pendidikan Dayah di Nanggroe Aceh Darussalam.

Mok Soon Sang. (2010). Pengurusan Kurikulum, Perak Malaysia. Mukhlisuddin, (2012). Pendidikan Dayah di Aceh Mulai Hilang Identitas, Yogyakarta, 2012.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96.

Qomar, Mujammil, (tt). Pesantren: dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga.

Qurnati, Tri. (2007) Budaya Belajar dan Keterampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar, Banda Aceh: Ar- Raniry Press.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia. Jakarta: 2002.

Sirajd, Sa’id Aqil, at al., (2017). Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transportasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah.

Rahayu Subakat, (2017) “Peranan Dayah dan Meunasah di Aceh Dalam Membentuk Masyarakat Religius” Jurnal As- Salam Vol. 1 No. 13.

Silahuddin. (2016). “Budaya Akademik dalam Sistem Pendidikan Dayah Salafiyah di Aceh”, Jurnal Miqot Volume 40 Nomor 2.

Saiful. (2018). Model Pendidikan Karakter Pada Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal Mudarrisuna Vol. 8 No. 1.

Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131-150

Suwendi. (2007). “Rekunstruksi Sistem Pendidikan Pesantren: Beberapa Catatan,” dalam Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah Tri Qurnati, Budaya Belajar dan Ketrampilan Berbahasa Arab di Dayah Aceh Besar, Banda Aceh: Ar-aniry Pres.

Ismail Yacob, (2010). Apresiasi Terhadap Kurikulum,Metode,Materi Pendidikan yang dilaksanakan di Dayah (Banda Aceh:PB. Persatuan Dayah Isnshafuddin.

Zamakhsyari Dhofier. (2011).Tradisi Pesantren. Jakarta: LPEES.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.