PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SMPN 5 PADANG PANJANG

RIFANI RIFANI

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait dengan pengelolaan
perpustakaan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
bagaimana pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SMPN 5 Padang
panjang. 2) Untuk mengetahui apa saja upaya pengelola untuk meningkatkan daya tarik
siwa mengunjugi perpustakaan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung maupun
penghambat dari pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar. Metode penelitian
menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,
pegawai perpustakaan, guru sekaligus wakil bagian kurikulim dan siswa. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan obsesvasi. Analisi data yang di
sarankan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) Pengelolaan perpustakaan sebagai
sumber belajar di SMPN 5 Padang panjang ber tranformasi menuju pelayanan digital. 2)
Upaya pengelolaan untuk meningkatkan daya tarik siswa mengunjungi perpustakaan
dengan adanya program lomba mengumpulakn sinopsis, baca buku terbanyak dan
melengkapi sarana prasarana. 3) Faktor pendorong dengan adanya kerja sama
perpustakaan sekolah dengan perpustakaan daerah, dan faktor penghambat yaitu masih
minimnya tenaga pustakawan dan minimnya anggaran pengadaan koleksi.

Keywords


Pengelolaan Perpustakaan, Sumber Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7132
Abstract views : 52 times
PDF : 44 times

References


Arief, Armai. (2019). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Bafadal. Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara,

Darmono, Manajemen dan Tata Kerja Pepustakaan Sekolah. Jakarta:

Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.

Hamalik Oemar, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 2009.

Karwono dan Heni Mularsih. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber

Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017.

Moleong, Lexy J., (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Ct 21, Bandung: Remaja Rosda

Karya.

Rohani. Ahmad. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Sanjaya. Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana, 2006.

Supriadi. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran, Lantanida Journal.

Terry. George R. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.