PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUL AMAL

Mita Amelia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan terkait dengan tenaga pendidik yang
mengajar di yayasan pondok pesantren belum mempunyai kualifikasi pendidikan
yang sesuai, kurangnya tenaga pendidik yang ahli di bidang mata pelajaran pondok
seperti nahu, shorof, kitab kuning, tauhid, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian
yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan program peningkatan kompetensi tenaga
pendidik di pondok pesantren Darul Amal (2) Untuk mengetahui pelaksanaan
program peningkatan kompetensi tenaga pendidik di pondok pesantren Darul Amal
(3) Untuk mengetahui evaluasi program peningkatan kompetensi tenaga pendidik di
pondok pesantren Darul Amal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, dengan data reduction
(reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification
(penarikan kesimpulan). Hasil penelitian: (1) Perencanaan program peningkatan
kompetensi tenaga pendidik yang dilakukan di pondok pesantren Darul Amal telah
dirancang oleh pimpinan Yayasan, kepala madrasah dan tenaga pendidik setiap awal
semester. program yang direncanakan seperti program pengembangan diri, program
peningkatan kompetensi tenaga pendidik (2) Pelaksanaan program peningkatan
kompetensi tenaga pendidik yang dilakukan kepala madrasah berupa pelatihan, KKG,
house training, lokakarya/workshop. (3) Evaluasi program peningkatan kompetensi
tenaga pendidik berupa penentuan standar pencapaian, melakukan evaluasi dengan
melakukan kegiatan FGD (Forum Group Discussion) bersama pimpinan, dan
melakukan pembinaan terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik.

Keywords


Peningkatan, Kompetensi, Pendidik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7134
Abstract views : 48 times
PDF : 26 times

References


Aktar, Salim. Upaya Pendidikan Mutu Pendidikan Guru. Jurnal Ilmu

Pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan Sumatera Utara.

Convidence. Vol. 1 No. 4, 2018

Alirmansyah, Kepala Madrasah Pondok Pesantren Darul Amal. Wawancara

Langsung, 23 Maret 2022

Egon G. Guba Dan Daniel L. Stufflebeam. Evaluation the Process Of

Stimulating, Aiding, And Abetting In Insightful Action. Bloomington:

Measurement and Evaluation Center In Reading Education, 1970

Irne Victorynie, Upaya Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru, Jakarta:

Teras, 2018

M Shulton Masyhud, Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka,

Mazmanian dan Sebatier, Pelaksanaan Program, 2014

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber

Belajar Teori dan Praktik. Kencana: Prenadamedia Group, 2011. Cet.

Ke.1

Rukayat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepunlish,

Sandi Wahyu Aji Utomo, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan

Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhamadiyah 7 Yogyakarta),

Vol. 01, No. 01, 2017

Sindul Golba, Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: PT Rineka

Cipta, 2000

Uhar Suharsaputra, Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refita Aditama,

Undang-Undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003

Wiestra, dkk. Pelaksanaan Program. Lampung: Universitas Lampung, 2014

Yaumul Afifah, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan

Kompetensi Guru. Tesis Magister Pendidikan. Surakarta. Universitas

Muhammadiyah Surakarta, 2015

Yusuf, Assesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.