PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI PONDOK PESANTREN DARUL AMAL
Abstract
mengajar di yayasan pondok pesantren belum mempunyai kualifikasi pendidikan
yang sesuai, kurangnya tenaga pendidik yang ahli di bidang mata pelajaran pondok
seperti nahu, shorof, kitab kuning, tauhid, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian
yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan program peningkatan kompetensi tenaga
pendidik di pondok pesantren Darul Amal (2) Untuk mengetahui pelaksanaan
program peningkatan kompetensi tenaga pendidik di pondok pesantren Darul Amal
(3) Untuk mengetahui evaluasi program peningkatan kompetensi tenaga pendidik di
pondok pesantren Darul Amal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, dengan data reduction
(reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification
(penarikan kesimpulan). Hasil penelitian: (1) Perencanaan program peningkatan
kompetensi tenaga pendidik yang dilakukan di pondok pesantren Darul Amal telah
dirancang oleh pimpinan Yayasan, kepala madrasah dan tenaga pendidik setiap awal
semester. program yang direncanakan seperti program pengembangan diri, program
peningkatan kompetensi tenaga pendidik (2) Pelaksanaan program peningkatan
kompetensi tenaga pendidik yang dilakukan kepala madrasah berupa pelatihan, KKG,
house training, lokakarya/workshop. (3) Evaluasi program peningkatan kompetensi
tenaga pendidik berupa penentuan standar pencapaian, melakukan evaluasi dengan
melakukan kegiatan FGD (Forum Group Discussion) bersama pimpinan, dan
melakukan pembinaan terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7134
Abstract views : 48 times
PDF : 26 times
References
Aktar, Salim. Upaya Pendidikan Mutu Pendidikan Guru. Jurnal Ilmu
Pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan Sumatera Utara.
Convidence. Vol. 1 No. 4, 2018
Alirmansyah, Kepala Madrasah Pondok Pesantren Darul Amal. Wawancara
Langsung, 23 Maret 2022
Egon G. Guba Dan Daniel L. Stufflebeam. Evaluation the Process Of
Stimulating, Aiding, And Abetting In Insightful Action. Bloomington:
Measurement and Evaluation Center In Reading Education, 1970
Irne Victorynie, Upaya Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru, Jakarta:
Teras, 2018
M Shulton Masyhud, Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka,
Mazmanian dan Sebatier, Pelaksanaan Program, 2014
Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber
Belajar Teori dan Praktik. Kencana: Prenadamedia Group, 2011. Cet.
Ke.1
Rukayat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepunlish,
Sandi Wahyu Aji Utomo, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhamadiyah 7 Yogyakarta),
Vol. 01, No. 01, 2017
Sindul Golba, Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: PT Rineka
Cipta, 2000
Uhar Suharsaputra, Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refita Aditama,
Undang-Undang SISDIKNAS No 20 Tahun 2003
Wiestra, dkk. Pelaksanaan Program. Lampung: Universitas Lampung, 2014
Yaumul Afifah, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru. Tesis Magister Pendidikan. Surakarta. Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2015
Yusuf, Assesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED BY:
MAPS:
LICENSE:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.