HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA DENGAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA DI SMKN 2 PADANG

Kuntum Khairiah Ummi, Zulmuqim Zulmuqim

Abstract


This paper is motivated by the relationship between the completeness of
infrastructure and the results of student archiving learning at SMKN 2 Padang.
This study aims to determine whether there is a relationship between the
completeness of infrastructure and the results of student archiving learning at
SMKN 2 Padang. This research uses descriptive quantitative method.
Questionnaires were distributed to 35 students at SMKN 2 Padang. The findings
show that the determination value (R2) is 11,970, meaning that the relationship
between the completeness of infrastructure and the results of student archiving
learning at SMKN 2 Padang is 11.97%, the remaining 88.03% is caused by
instrumental factors consisting of teaching media, teachers, learning materials and
teaching and learning strategies.

Keywords


Completeness of infrastructure facilities, Learning Outcomes, Student Archives

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7135
Abstract views : 66 times
PDF : 32 times

References


Agustino Hermino, 2014 Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta.

Ahmad Susanto, 2014 Teori belajar pembelajaran disekolah, Jakarta: Kencana.

Ainurrahman, 2013 Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Baharuddin dan Moh. Makin, 2010 Manajemen Pendidikan Islam, Malang: UIN- Maliki

Press.

Baharudin, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Barnawi , M. Arifin, 2014, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, (Yogyakarta:

ArRuzz Media.

Billy Nugraha, 2022, Pengembangan Uji Statistik, Jakarta: Pradina Pustaka. Daryanto,

, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 2016, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi, Jakarta : Depdiknas,

Djamarah&Zain, 2013, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Donni Juni

Priansa dan Agus Garnida, 2013, Manajemen Perkantoran Efektif,

Efisien, dan Profesional, Bandung : Alfabeta cv.

Fransiskus Gultom dkk, 2021, Metodologi Penelitian, Malang:CV. Literasi Nusantara

Abadi

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. 2017, Instructional Media And Technology For

Learning, 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Herlina, 2019, Belajar yang Produktif, Jakarta: Rajawali. Homroul Fauhah, 2021,

Program Studi Administrasi Perkantoran.

Ibrahim Bafadal, 2014, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya,

Jakarta: BumiAksara.

Imam Ghozali, 2011, Statistik Induktif dan Metode Kuantitatif, Jakarta: CV Budi

Utama.

Imam Supriadi, 2020, Metode Riset Akuntansi, Yogyakarta: CV Budi Utama. Irianton

dkk,2005, Aplikasi Statistika, Yogyakarta: CEBioS, 2005.

Iskandar, 2022, Metode Penelitian Dakwah, Pasuruan: Qiara Media, 2022.

Jihad, Asep.,& Abdul, Haris, 2013, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kartoni Kartino, 2014, Kenakalan Remaja, Jakarta : Rajawali Press. Kompri, Manajemen

Sekolah Teori dan Praktek, 2014, Bandung: Alfabeta.

Kunandar, 2011, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kustandi, C dan B. Sutjipto, 2011, Media Pembelajaran Manual dan Digital.

Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Lampiran Permen 24 2007 Standar Sarana Prasarana

M. Daryanto, 2010, Administrasi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta. Moenir. 2016, Sarana

dan Prasarana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moh. Surya, 2010, Psikologi

Pendidikan, Bandung: FIP IKIP.

Mohammad Mustari, Ph.D, 2015, Manajemen Pendidikan, Jakarta:PT. Raja Grafindo

Persada.

Muhammad Fathurrohman, 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta :

AeRuzz Media.

Muhammad Syamsul Taufik dkk, 2020, Manajemen Penjas, Jawa Barat. Muhubbin Syah,

, Psikologi Belajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mujarnil Qamar,

Nana Sudjana,2011, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nurdin & Hartati, 2019, Metode Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Nurul Auliyah. Abu Bakar Umar, 2022, Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip,

Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.

Oemar Hamalik, 2008, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta:

Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, 2007, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Prof. Dr. H. Baharuddin, Moh. Makin M.Pd, 2017, Manajemen Pendidikan Islam,

Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Rahman Rahim, 2020, Peneulisan Karya Ilmiah, D.I Yogyakarta: Zahir Publishing.

Raja Rahima dan Fitra Herlinda, 2017, Instrumen BK I: Teknik Non Tes (Teori dan

Praktek), Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Riyanto & Hatmawan, 2012, MetodeRiset Penelitian Kuantitatif,

Yogyakarta:CV BUDI UTAMA.

Sambas Ali Muhidin dan Hendri Winata, 2016, Manajemen Kearsipan, Bandung :

Pustaka Setia.

Sanosa & Hamdani, 2007 Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga,

Semarang:Erlangga.

Setyawati Nukuk Dwi Hastuti, 2014, Pengelolaan Dokumen, Buletin

Kearsipan Sahifah.

Siti Ambarwati, 2014, Kelengkapan SaranaPrasaranaSekolah, Bandung: RemajaRosda

Karya.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Soejipto, RaflisKosasi. 2017, Profesi Keguruan, Jakarta : RinekaCipta. Suahrsimi

Arikunto, 2017, Manajemen Pengajaran Secara Manusia, Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudjana, 2010, Dasar-Dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, 2008, Manajemen

Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Suharsimi Arikunto, 2014, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan

Kejuruan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:

Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S, 2017, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

The Liang Gie, 1994, Cara Belajar Yang Efisien,Yogyakarta:

PusatBelajarIlmuBerguna.

Tholib, 2000, TeoridanAplikasiAdministrasiPendidikan, Jakarta: Studia Press.

Tim PenyusunKamusPusatPembinaandanPengembanganBahasa Viviandradkk, 2021,

PengantarMetodologiPenelitian, Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.

Wahidmurni, dkk, 2010, Evaluasi Pembelajaran:Kompetensi dan Praktik, Yogyakarta: Nuha Letera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.