HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA DENGAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA DI SMKN 2 PADANG
Abstract
infrastructure and the results of student archiving learning at SMKN 2 Padang.
This study aims to determine whether there is a relationship between the
completeness of infrastructure and the results of student archiving learning at
SMKN 2 Padang. This research uses descriptive quantitative method.
Questionnaires were distributed to 35 students at SMKN 2 Padang. The findings
show that the determination value (R2) is 11,970, meaning that the relationship
between the completeness of infrastructure and the results of student archiving
learning at SMKN 2 Padang is 11.97%, the remaining 88.03% is caused by
instrumental factors consisting of teaching media, teachers, learning materials and
teaching and learning strategies.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v5i1.7135
Abstract views : 66 times
PDF : 32 times
References
Agustino Hermino, 2014 Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter, Bandung: Alfabeta.
Ahmad Susanto, 2014 Teori belajar pembelajaran disekolah, Jakarta: Kencana.
Ainurrahman, 2013 Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Baharuddin dan Moh. Makin, 2010 Manajemen Pendidikan Islam, Malang: UIN- Maliki
Press.
Baharudin, 2010, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Barnawi , M. Arifin, 2014, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, (Yogyakarta:
ArRuzz Media.
Billy Nugraha, 2022, Pengembangan Uji Statistik, Jakarta: Pradina Pustaka. Daryanto,
, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, 2016, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi, Jakarta : Depdiknas,
Djamarah&Zain, 2013, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Donni Juni
Priansa dan Agus Garnida, 2013, Manajemen Perkantoran Efektif,
Efisien, dan Profesional, Bandung : Alfabeta cv.
Fransiskus Gultom dkk, 2021, Metodologi Penelitian, Malang:CV. Literasi Nusantara
Abadi
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. 2017, Instructional Media And Technology For
Learning, 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Herlina, 2019, Belajar yang Produktif, Jakarta: Rajawali. Homroul Fauhah, 2021,
Program Studi Administrasi Perkantoran.
Ibrahim Bafadal, 2014, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya,
Jakarta: BumiAksara.
Imam Ghozali, 2011, Statistik Induktif dan Metode Kuantitatif, Jakarta: CV Budi
Utama.
Imam Supriadi, 2020, Metode Riset Akuntansi, Yogyakarta: CV Budi Utama. Irianton
dkk,2005, Aplikasi Statistika, Yogyakarta: CEBioS, 2005.
Iskandar, 2022, Metode Penelitian Dakwah, Pasuruan: Qiara Media, 2022.
Jihad, Asep.,& Abdul, Haris, 2013, Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kartoni Kartino, 2014, Kenakalan Remaja, Jakarta : Rajawali Press. Kompri, Manajemen
Sekolah Teori dan Praktek, 2014, Bandung: Alfabeta.
Kunandar, 2011, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan
Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kustandi, C dan B. Sutjipto, 2011, Media Pembelajaran Manual dan Digital.
Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Lampiran Permen 24 2007 Standar Sarana Prasarana
M. Daryanto, 2010, Administrasi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta. Moenir. 2016, Sarana
dan Prasarana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Moh. Surya, 2010, Psikologi
Pendidikan, Bandung: FIP IKIP.
Mohammad Mustari, Ph.D, 2015, Manajemen Pendidikan, Jakarta:PT. Raja Grafindo
Persada.
Muhammad Fathurrohman, 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta :
AeRuzz Media.
Muhammad Syamsul Taufik dkk, 2020, Manajemen Penjas, Jawa Barat. Muhubbin Syah,
, Psikologi Belajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mujarnil Qamar,
Nana Sudjana,2011, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nurdin & Hartati, 2019, Metode Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Nurul Auliyah. Abu Bakar Umar, 2022, Peran Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip,
Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan.
Oemar Hamalik, 2008, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta:
Bumi Aksara.
Oemar Hamalik, 2007, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Prof. Dr. H. Baharuddin, Moh. Makin M.Pd, 2017, Manajemen Pendidikan Islam,
Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Rahman Rahim, 2020, Peneulisan Karya Ilmiah, D.I Yogyakarta: Zahir Publishing.
Raja Rahima dan Fitra Herlinda, 2017, Instrumen BK I: Teknik Non Tes (Teori dan
Praktek), Pekanbaru: Cahaya Firdaus.
Riyanto & Hatmawan, 2012, MetodeRiset Penelitian Kuantitatif,
Yogyakarta:CV BUDI UTAMA.
Sambas Ali Muhidin dan Hendri Winata, 2016, Manajemen Kearsipan, Bandung :
Pustaka Setia.
Sanosa & Hamdani, 2007 Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga,
Semarang:Erlangga.
Setyawati Nukuk Dwi Hastuti, 2014, Pengelolaan Dokumen, Buletin
Kearsipan Sahifah.
Siti Ambarwati, 2014, Kelengkapan SaranaPrasaranaSekolah, Bandung: RemajaRosda
Karya.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Soejipto, RaflisKosasi. 2017, Profesi Keguruan, Jakarta : RinekaCipta. Suahrsimi
Arikunto, 2017, Manajemen Pengajaran Secara Manusia, Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana, 2010, Dasar-Dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.
Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, 2008, Manajemen
Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.
Suharsimi Arikunto, 2014, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan
Kejuruan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Suharsimi Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:
Rineka Cipta.
Sukmadinata, N.S, 2017, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
The Liang Gie, 1994, Cara Belajar Yang Efisien,Yogyakarta:
PusatBelajarIlmuBerguna.
Tholib, 2000, TeoridanAplikasiAdministrasiPendidikan, Jakarta: Studia Press.
Tim PenyusunKamusPusatPembinaandanPengembanganBahasa Viviandradkk, 2021,
PengantarMetodologiPenelitian, Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Wahidmurni, dkk, 2010, Evaluasi Pembelajaran:Kompetensi dan Praktik, Yogyakarta: Nuha Letera.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED BY:
MAPS:
LICENSE:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.