Perkembangan Pondok Pesantren Modern Darul Ulum Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat Tahun 1998-2018

Sermal Sermal, Yana Islami

Abstract


Skripsi ini berjudul “Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ulum muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman  barat Tahun 1998-2018”. Penelitian ini dilatarbelakang dari lembaga pendidikan Agama di Nagari Muara Kiawai yang berbentuk Pondok Pesantren yang berstatus swasta dan berakretasi C. semua masyarakat umum mengetahui adanya Pondok Pesantren di daerah nagari Muara Kiawai ini. Awal berdirinya Pondok Pesantren ini hanya memiliki Satuan Pendidikan yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah yang terus berkembang dan didaerah ini sudah banyak terdapat sekolah-sekolah umum dan lembaga pendidikan agama seperti MTs dan, SMK Jurusan Teknik Komputer. Dilihat dari sejarah Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Kiawai merupakan Pondok Pesantren yang tertua dan unik dari Pesantren ini adalah adanya SMK Jurusan Teknik Jaringan yang berkembangan sangat pesat.Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana sejarah berdiri dan perkembangan Pondok Pesantren Darul ulum Muara Kiawai Pasaman Barat pada tahun 1998 – 2018, dan batasan yang digunakan adalah batasan temporal, batasan spasial, dan batasan tematik.

Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa langkah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sejarah berdirinya Pondok Pesantren Modern Darul Ulum Muara Kiawai Pasaman Barat ini berdiri selama 20 tahun oleh 9 tokoh bernama A. Sarmin Lubis pada tanggal 31 Juli 1998Adapun perkembangan Pondok Pesantrenyang telah mengalami dua kali masa kepemimpinan dan setiap kepemimpinan mengalami perubahan dan pengikatan, baik dibidang guru, siswa, kurikulum, jumlah santri yang lulus, Sarana prasarana di Pondok Pesantren. Adapun perubahan yang terjadi pada tahun pertama tidak terlalu meningkat Kurikulum masih KTSP, denganjumlah santri 10 orang, 18 orang guru, jumlah santri yang lulus 10 orang, dan saran prasarana juga terbatas. Tahun selanjutnya Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Kiawai mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dikarenaka sekolah ini semakin banyak dikenal orang dan bertambah banyak siswa yang masuk, sarana prasarana semakin bertambah. Intinya setiap tahun di Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Kiawai mengalami perubahan meskipun secara bertahap dari tahun ketahun.




DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2664
Abstract views : 56 times

References


A. Sarmin Lubis, Wawancara, 17 Desember 2018.

A. Sarmin Lubis, Wawancara, 30 April 2018

A.Sarmin Lubis, Wawancara, 17 Desember 2018.

A.Sarmin Lubis, Wawancara, 2 Mei 2018

Abuddi, Nata. Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.)

Akta Pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Kiawai

Asminar Nst, Wawancara, 17 Desember 2018

Edi Sediawati. Sejarah Pendidikan di Indonesia Sebelum Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat, (Jakarta, Depdikbud, 1991).

Enung, k, Rukiati. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,( Bandung, pustaka Setia. 2006).

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam,( Jakarta: Prenda Media, 2004).

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, (jakarta, Grafindo persada, 1999). h. 145

Irhash Shamad, Ilmu Sejarah Perspektif Motodologi dan Acuan Penelitian, (Jakarta, Haypa Press, 2003). h. 89-98

juni Marlina, A.Ma, Wawancara, 15 September 2018

juniwal Wawancara, 15 september 2018

Lise Satrina, S.Pd, Wawancara, 18 Desember 2018

Lise Satrina, S.Pd, Wawancara, 18 Desember 2018

Roy Ihsan, S.Pd, Wawancara, 18 Desember 2018

Skripsi Indra Putra (2011), Perkembangan Pondok Pesantren H. Adbullah Alin Tagak Tahun 1990-2009

Syaikh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Shafwatut Tafasir (Tafsir-Tafisr Pilihan) Jilid 5. Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, 2011). h. 298-299

Usman el-Qurtuby, Al-Qur’an Tafsir Bil Hadis,.( Bandung Cordoba. 2016.) h. 312


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tarikhuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.