Pengaruh Model Webbed Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA

Rafli Surya Barkara, Nofriza Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran tematik model webbed berbasis lingkungan untuk perolehan kemampuan berpikir tingkat tinggi anak Sekolah Dasar. Pendekatan kualitiatif dengan subjek anak, dan guru SMAN 3 Lubuk Basung. Hasil penerapan pembelajaran tematik model webbed berbasis lingkungan, anak merasa senang dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi walaupun belum 100% anak. Hasil kemampuan menganalisis 39.66%%, mengevaluasi 34.65%, dan berkreasi 43.14%%. Pembelajaran tematik model webbed berbasis lingkungan adalah baik karena sebagian besar anak mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa menganalisis, mengevaluasi, berkreasi/mencipta, dan dapat berpikir secara saintifik untuk menghindari pola pikir menghafal dan mengingat.

Full Text:

PDF Remote


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2701
Abstract views : 47 times
PDF : 20 times Remote : 16 times

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan.

Degeng Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran“Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori.” Bandung: Kalam Hidup.

Depdiknas. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta

Gagne, R.M. 1985. Strategi for Teacher Content and Thinking Skill. New Jersey. Prentince Hall.

Gagne, R.M., Briggs, L.J. & Wager, W.W. 1992. Principles of instructional design. Orlando: Holt, Rinehart, and Wiston.

Gardner, H. E. 2008. Multiple Intelligences: New Horizons in Theory and Practice. Basic books.

Ibrahim, Sutini. 2011. Belajar, Pengajaran, dan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi). Pontianak: Fahruna Bahagia Press.

Kovalik, S. J. 2013. Integrated Thematic. Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory, 2, 371.

Krisnayani, P. E., Rasana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Kumartha, I. P. F., Putra, M., & Sujana, I. W. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermakna Bernuansa Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 4 Selemadeg Timur Tabanan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Marzano, R.J., and John S. Kendall, eds. 2008. Designing and Assessing Educational Objectives: Applying the New Taxonomy. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Munzenmaier, C. & Rubin, N. 2013. Perspectives Bloom’s Taxonomy: What’s Old Is New Again. The eLearning Guild.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jogjakarta, Diva Press.

Ridho, S., Haryani, S., & Habibah, N. A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu Model Webbed Pada Tema Hama Dan Pestisida. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Rose,Colin & Nichol, M.J. 1997 Accelerated Learning for the 21”century ; Cara Belajar Cepat Abad 21 diterjemahkan oleh Dedy

Seknun, M. Y. (2014). Telaah Kritis Terhadap Perencanaan dalam Proses Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 80-91.

Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta pada Juli 2004.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sriariati, G. A. K. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Keterampilan Proses Sosial Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Nomor 2 Mambal. Jurnal IKA, 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rafli Surya Barkara, Nofriza Efendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.