Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Sejarah

Ani Safitri, Refinaldi Refinaldi

Abstract


Penelitian ini berjudul: Urgensi Kompetensi Kebribadian Guru dalam Pembelajaran Sejarah’’Yang menjadi permasalahan pokok dalam penulisan artikel ini adalah bahwasanyaurgensi kompetensi guru dalam pembelajaran sejarah dimana guru sejarah harus mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas guna memperkaya materi yang akan disampaikannya kepada peserta didik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Urgensi kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran sejarah, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran sejarah.

Penelitian ini menggunakan Library Reseach (Penelitian Kepustakaan), dengan langkah-langkah: menggumpulkan Sumber, sumber data dalam penelitian ini adalah bahan tercetak yang dapat memberikan informasi tentang Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pembelajaran Sejarah. Sumber primer penelitian adalah buku Jejen Mustafah “peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan sumber belajar”, Rofa’ah, pentingnya pompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif Islam,Alwison, Psikologi kepribadian, Dkk, etika dan profesi guru. Sementara sumber skunder terdiri dari Moh. Roqib, Nurfuadi, kepribadian guru upaya mengembangkan kepribadian guru yang sehat di masa depan, Saepul Anwar,studi realitas tentang kompetensi guru pendidikan agama Islam sekolah menengah  atas di kabupaten Bandung Barat, (1)Pengumpulan data menggunakan, Library Reseach, dokumentasi dan mengakses internet atau website, (2) analisis data dilakukan dengan teknik Content analisis, yakni menganalisis isi buku yang terpilih menjadi sumber data. (3) Histogriografi (penulisan) data yang tersaring melalui analisis data dirangkai dengan menggunakan interprestasi, kemudian dideskripsikan secara ilmiah sehingga menghasilkan teknik karya ilmiah.

Hasil penelitian ini menggungkapkan beberapa penemuan tentang kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran sejarah yaitu Pertama, guru menampilkan pribadi jujur yang mana guru itu menggungkapkan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya,kedua, guru menampilkan pribadi akhlak mulia, guru harus berprilaku sesuai denga ajaran agama Islam supaya peserta didik lebih terarah untuk lebih baik lain dan ketiga, guru menampilkan pribadi teladan, keteladanan seoarang guru dapat digugu dan ditiru karena keteladanan di perlukan untuk membetuk sikap seorang murid.


Full Text:

PDF Remote


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2702
Abstract views : 188 times
PDF : 69 times Remote : 28 times

References


Ana Retnoningsih dan Surharso. 2005.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Aunurrahman. 2010.Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Arikunto Suharsini.2012.Prosedur Penenlitian, Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineka Cipta.

Arisman, Rahman Getteng, Nuryamin. 2018.Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik, Volume 06 No. 3.

As’adut Tabi’in. 2016.Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu, Jurnal Al-Thariqah, Volume 1 No. 2.

Asy-Syalhub bin Abdul Aziz Fu’ad. 2008.Begini Seharusnya Menjadi Guru, Jakarta : Darul Haq.

Basri Hasan. 2003.Landasan Pendidikan, Bandung : Pustaka setia.

Daradjat Zakiyah, ddk. 2006.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

E, Mulyasa. 2007.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosada Karya.

Esa Nur Wahyuni Buharuddin. 2015.Teori Belajar dan Pembelajaran.Yokyakarta : Depok, Sleman.

Feralys Novauli. M. 2019.Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar, Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 3, No. 1.

Hamalaik Omar. 2014.Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Hasan M. Iqbal. 2002. Pokok -pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Indrawan Ijus, dkk. 2020. Guru Sebagai Agen Perubahan. Klaten: lakesha.

Jejen Musfah. 2011.Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pealatiahan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Rawamangun.

Kartono Kartini. 1980.Pengantar metodologi research social. Bandung: Alumni.

Mansyur.2008. Pembinaan Kompetensi Guru Pendidik Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narbuko Cholid, Achmadi Abu. 2009.Metodologi Penelitian, Cetakan 10. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir Moh. 2018.Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nur Habibullah. 2019. Hakikat Kepribadian Guru Sebagai Tenaga Pendidik ,Jurnal At-Ta’lim, Vol 1. Edisi.

Norwati Syarifah,dkk. 2019.Etika dan Profesi Guru. Riau: PT Indragiri.

Parwati Ni Nyoman, dkk. 2018.Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pres.

Peraturan Pemeritah Republik Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Putra Eka Fauzi. 2007.Kompetensi komunikasi pustakawan dipustakaan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, Jurnal Iqra ‘ Volume 11 No. 02.

Prijanto Hendra. 2015.Kompetensi Kepribadian Guru dan Relevannya Terhadap Tugas Mengjar di Kelas, Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Volume 5 No. 2.

Ratuman, Imas Rosmiati. 2019.Perencanaan pembelajaran. Depok : Rajawali Pers.

Susanto Heri. 2017.Seputar Pembelajaran Sejarah, Yokyakarta : Aswaja Pressindo.

Syarifah Norwati, Sudiman Anwar Dan Selpi Indramaya. 2019.Etika dan Profesi Guru. Riau: Pt Indragiri.

Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI No. Tahun. 2005. Jakarta: Sawo Raya.

UU RI Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung : Citra umbara, 2009.

Widjaya Gede. 1998.Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Secara Khusus , Jakarta: Bumi aksara.

Warif Muhammad. 2019. Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik, Volume 4 No. 1.

Y,R Subakti. 2010.Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivis, SPPS, Volume : 24 No. 1

Xaverius Franciscus.Strategi Pembelajaran Sejarah Lisanbagi Mahasiswa Pendidikan Sejarah (Studi Kasus Mahasiswa Stkip Pgri Sidoarjo), Jurnal JRPP, Volume 2 Nomor 1, Desember, 2009.

Yunahar Ilya. 2007.Kuliah Akhlak. Yokyakarta: Lpii.

Zed Mestika. 2004.Metode Penelitian Kepustakaan.Jakarta: Yayasan Obor.

Zulheddi Karlina, Achyar Zein, dan Karlina. 2019.Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun, Jurnal Edu Religa, Volume 3 No. 2.

Zulhimma. 2015.Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalammeningkatkan Mutu Pendidikan Islam, Jurnal Tarbiyah, Vol. 22, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ani Safitri, Refinaldi Refinaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.