Kesadaran Sejarah Siswa terhadap Nilai-Nilai Keteladanan Kiai Ahmad Dahlan: Studi di Sekolah Menengah Atas Kota Lubuk Linggau
Abstract
Era modern saat ini telah banyak memberikan pengaruh bagi dunia pendidikan di Sekolah tingkat menengah, khususnya SMA. SM Muhammadiyah yang ada di Lubuklinggau adalah hasil dari jasa Kiai Ahmad Dahlan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa dimasa lalu untuk menaikan derajat bangsa Indonesia yang saat itu sedang terjajah oleh bangsa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah kesadaran Sejarah siswa kelas XI IPS terhadap nilai-nilai keteladanan Kiai Ahmad Dahlan di SMA di Lubuklinggau. Kesadaran siswa untuk meneladani tokoh perjuangan sangat penting sekali agar Sejarah yang pernah terjadi tidak hilang begitu saja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan secara langsung yang kemudian dikembangkan dengan angket yang diberikan kepada para siswa. Untuk memaksimalkan penelitian ini, peneliti menggunakan sumber tambahan dari referensi jurnal dan buku agar penelitian yang digunakan semakin baik. Hasil dan Pembahasan dari penelitian ini adalah Nilai-Nilai Keteladanan Kiai Ahmad Bagi Pendidikan, yaitu sebagai ulama yang berjasa pada dunia pendidikan, pantas untuk diteladani oleh siswa SMA Muhammadiyah saat ini. Guru dalam mengajar Sejarah dapat mengaitkan pembelajaran Sejarah dengan tokoh Kiai Ahmad Dahlan yang tentunya dengan model dan strategi yang sesuai. Nilai-nilai keteladanan yang dapat diteladani dapat berupa sifat pantang menyerah, berbudi pekerti yang baik, sopan santun, toleransi, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA di Kota Lubuklinggau saat ini sudah sangat besar. Hal ini dikarenakan iklim Sekolah Muhammadiyah yang tidak lupa mengenalkan tokoh pendidikan Muhammadiyah yang berjasa untuk mendirikan Sekolah untuk masyarakat Indonesia. Namun demikian, guru dan para siswa harus benar-benar untuk mampu meneladani tokoh-tokoh perjuangan yang nantinya dapat diaplikasikan dalam masyarakat umum.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/thje.v3i2.3065
Abstract views : 230 times
PDF : 394 times
References
Ahmad, F. (2015). Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan dan Implementasinya di SMP
Muhammadiyah 6 Yogyakarta Tahun 2014/2015. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 16(2), 144–154. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/profetika.v16i2.1854
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus, A., Purnomo, A., & Ahmad, T. (2018). Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan
Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 150–161. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27645
Hasan, S. H. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21 M.
HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.
Jannah, U. A. dan T. A. A. (2019). Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI Terhadap Nilai-Nilai
Keteladanan K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Indonesian Journal of
History Education, 7(2), 135–145. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36430
Moertiyah, Gra. K. dan N. A. (2020). Tafsir Jawa Keteladanan Kiai Ahmad Dahlan. Yogyakarta: ADI
WACANA.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukhtarom, A. (2015). Menelusuri Rekam Jejak Amal Dan Perjuangan KH. Ahmad Dahlan.
DINAMIKA, 1(1), 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v1i1.485
Susilo, A. & I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era
Globalisasi. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(2), 171–180.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus
Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43.
https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Agus Agus Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.