The "Muaro-Pekanbaru" Railway Monument Cultural Reserve as a Source For Local History Learning in Pekanbaru
Abstract
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i1.5972
Abstract views : 99 times
PDF : 48 times
References
Abdullah, Syafei. (1987). Korban Pembangunan Jalan Kereta Api Maut Muaro Sijunjung-Pekanbaru Tahun 1942-1945, Pekanbaru: Unri Press
Ayuningtyas, T. R., Hilmiah, A. S., & Rohmawati, R. (2018). Pemanfaatan Situs Peninggalan Sejarah di Kabupaten Bondowoso Sebagai Pengembangan Sumber Belajar di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Historia, 6(1), 139-150.
Farrel. (2019). “Jalur Kereta Api Maut Pekanbaru”. https://id.pekanbarudeathrailway.com/muaro-to-pekanbaru.Diakses pada 29 November 2022
Firdaus, D. W. (2019). Pemanfaatan Situs Astana Gede sebagai sumber belajar untuk mengembangkan kesadaran sejarah lokal mahasiswa. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1).
Firmansyah, H. (2021). Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Area Duizen Vierkanten Paal Kota Pontianak sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 15-28.
Fitri, Yohana. (2016). “Mengenang Sejarah Rel Kereta Api di Pekanbaru”. https://www.halloriau.com/read-otonomi-83700-2016-08-26-mengenang-sejarah-rel-kereta-api-di-pekanbaru.html. Diakses pada 29 November 2022
Hartati, U. (2020). Cagar Budaya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Diakronika, 20(2), 143-151.
Hasan, S. H. (2019). Pendidikan sejarah untuk kehidupan abad ke-21. Historia: Jurnal Pendidik dan Penelitian Sejarah, 2(2).
Hermawan, W., Idris, M., & Chairunisa, E. D. (2020). Cagar Budaya di Palembang Ilir Timur Sebagai Sumber Penulisan Buku Saku Sejarah di Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(1), 53-62.
Hovinga, H. (2010). The Sumatra Railroad: Final Destination Pakan Baroe 1943-1945.
Retrieved from https://books.google.co.id/books/about/The_Sumatra_Railroad.html?id=ROmERAAAC AAJ&redir_esc=y
Kurniasih, A. D., Sunardi, S., & Sariyatun, S. (2023). Analisis dan perancangan mobile learning berbasis cagar budaya di Kabupaten Sragen sebagai media pembelajaran sejarah. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 3(1), 126-139.
Kusnoto, Y., & Minandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 125-137.
Milah, A. S., Suswandari, & Armiyati, L. (2019). Pemahaman Guru Sejarah Terhadap Pemanfaatan Cagar Budaya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Kabupaten Cilacap. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 47–62.
Mirzachaerulsyah, E., & Wasino, A. A. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi Situs Kota Lama Tegal Untuk Meningkatkan Apresiasi Cagar Budaya di SMA Negeri 3 Kota Tegal. Historia, 20(1), 75-84.
Pernantah, P. S. (2018). Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Local Wisdom. Yogyakarta: Phoenix Publisher.
Saputra, G. (2014). Pembangunan rel kereta api Muaro Sijunjung-Pekanbaru 1942-1945. Jurnal Suluah, 14(18), 128-141.
Sejarah Pembangunan Jalur Kereta Api Pekanbaru - Kuansing - Muaro Zaman Dulu. (2015). Kuansingterkini.com, 1–10. Retrieved from https://kuansingterkini.com/berita/detail/5087/2015/02/05/sejarah- pembangunan-jalur-kereta-api-pekanbaru---kuansing---muaro-zaman-dulu
Siska, Yulia. (2014). Situs Palas Pasemah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal Di Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Bandar Lampung. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, (1), 1-17.
Solekhan, M. (2023). PELESTARIAN BENDA CAGAR BUDAYA DILIHAT DARI ASPEK HUKUM (Studi Kasus Museum Jawa Tengah Ranggawarsita). MAGISTRA Law Review, 4(01), 1-10.
Yuliani, S. A., & Bain, B. (2023). Lawatan Sejarah untuk Menanamkan Nilai Konservasi Cagar Budaya Pokok Bahasan Sejarah Hindu-Buddha di SMA Negeri 1 Talun Pekalongan. Indonesian Journal of History Education, 8(1), 131-140.
Zahroh, N. L. (2014). Pemanfaatan Situs Singosari dalam Mengembangkan Literasi Sejarah Siswa. J-PIPS (JURNAL PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL), 1(1), 159–188.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Piki Setri Pernantah, Rizki Ananda Hasibuan, Hana Puspita Sari, Rahmi Adisti, Sony Setiawan, Apriani Ladita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.