Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS MAN 1 Pasaman Barat

Ilhamdi Yusra, Fidya Nada

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Pasaman Barat dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik saat ini kurang divariasikan sehingga peserta didik mengalami kejenuhan pada saat belajar. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan motivasi belajar peserta didik, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran ini lebih efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dan desain Static gruop Comparison dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Pasaman Barat. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh (total sampling) sehingga jumlah sampelnya adalah 60 orang peserta didik. Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil post angket di kelas eksperimen adalah 135, 00 sedangkan rata-rata hasil post angket di kelas kontrol adalah 99,80. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Pasaman Barat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i2.7557
Abstract views : 21 times
PDF : 10 times

References


Hanafiyah, N. (2012). Konsep strategi pembeajaran. Bandung: Rafika Aditama.Rahmat. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Hsiao Lin Tuan, C. C. (2005). The Development Of A Questionnaire To Measure Student's Motivation Towards Science Learning. International Juornal Ofscience Education, h.643.

Huda, M. (2014). Model Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Octavia, S. A. (2020). Model Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Oviyanti, F. (2009). Pengelolaan Pengajaran . Palembang: Rafah Press.

Soewadi, J. (2013). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sri Florina, L. Z. (2019). Efikasi Diri dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaparuddi, M. E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Ulfah Nury Batubara, R. S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Higher Order Thingking Skill Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. NEM.

Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Cara Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiadi, A. N. (2013). Penididikan Sejarah Suatu Keharusan Reformulasi Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ilhamdi Yusra, Fidya Nada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.