Relevansi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di Era Teknologi Digital

Anggitya Alfiansari

Abstract


Kurikulum pendidikan di Indonesia berkembang sesuai dengan kondisi zaman. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara selalu menjadi landasan dalam penyesuaian pendidikan, termasuk di era teknologi digital. Melalui metode kualitatif, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yang saling terkait. Pertama, perkembangan teknologi digital memunculkan sejumlah tantangan dalam pendidikan, dari persoalan kurang siapnya infratruktur sampai guru yang harus melalukan sejumlah adaptasi teknologi. Kedua, konsep pendidikan yang digagas Ki Hadjar ternyata masih relevan untuk menghadapi persoalan tersebut. Ketiga, konsep Ki Hadjar yang relevan tersebut terkait dengan peran guru dan masyarakat dalam mendidik para siswa dalam kaitannya dengan pemanfaatan teknologi digital. Keempat, penelitian ini menggarisbawahi bahwa dibutuhkan sinergi antara guru dan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v6i1.9187
Abstract views : 4 times
PDF : 3 times

References


Baga, S., Suprapto, A., & Sinaga, P. 2023. Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara: Landasan Pendidikan di Era Kurikulum Merdeka Dalam Menghadapi Abad 21. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 1, Nomor 8, September 2023, pp. 46-54 .E-ISSN: 2986-6340 DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8317738

Bakker, A., & Zubair, A. C. 2007. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius

Darmawan, I.P.A. & Sujoko, E. 2019. Understanding Ki Hadjar Dewantara’s educational philosophy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI) Vol. 2 No. 3, 2019 pp. 65-68. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i3.42

Dewantara, K.H.2009. Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Dewantara, K.H. 2011. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa

Dewantara, K.H. 1964. Madjelis Luhur Taman Siswa Yogyakarta. Pidato. Kenang- Kenangan Promosi Doktor Honoris Causa di UGM

Fitroh, I. & Rosidi, M.I. 2023. Taman Siswa: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Tinjauan Historis. Journal on Education. Volume 05, No. 02, Januari-Febuari 2023, pp. 2677--2688 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/912

Hasnida, S.S., Adrian, A. & Siagian, N.A. 2024. Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI). Vol. 2. No. 1 Februari 2024. pp. 110--116. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Manizar, E. 2017. Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 1. No.2. pp. 204 222. https://doaj.org/article/153b54b62dd74bf89284796a18b4c583

Miles, B. M., & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif” Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. (Terjemahan: Tjetjep Rohendi). Jakarta: UI Press.

Subroto, D.E., et.al. 2023. Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science. Vol. 01, No. 07, Juli, pp. 473--480 https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/index

Suparlan, H. 2015. Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat. Volume 25. No. 1. Februari 2015. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Thaariq, Z.Z.A. & Karima, U. 2023. Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi. FOUNDASIA.Volume 14. No.2, 2023 (20-36). https://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/article/view/63740


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggitya Alfiansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.