Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang diterbitkan pertama kali pada bulan April tahun 2009. Sejarah pemilihan nama Al Imam terinspirasi dari peranan majalah Al Imam dalam melakukan modernisasi yang berdampak terhadap kemajuan umat Islam di nusantara pada awal abad ke 20 Masehi. Jurnal al Imam ini menjadi media untuk pengembangan intelektual pemikiran islam dalam bidang keilmuan manajemen dakwah. Jurnal ini menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian dalam ilmu dakwah dan manajemen dakwah.Dalam perjalanannya Jurnal Al Imam mengalami perubahan yang agak signifikan dengan mengacu kepada Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2018. Perubahan yang terjadi meliputi: 1. Perubahan nama, pada awalnya bernama Al Imam: Jurnal Ilmiah Dakwah dan Manajemen, menjadi Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah. 2. Perubahan pada lay out, perubahan mencakup tampilan yang disesuaikan dengan pedoman akreditasi jurnal ilmiah tahun 2018. 3. Perubahan format, pada awalnya jurnal ini memakai format kertas B.5, berubah menjadi format kertas A.4 Berdasarkan kepada perubahan tersebut, maka volume jurnal dimulai dari Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah adalah akses terbuka dan peer review jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Janurari-Juni dan Juli-Desember setiap tahunnya.
Vol 6, No 2 (2023): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2023
Table of Contents
Articles
Optimalisasi Penggerakan Masjid Ummi di Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok (Perspektif Ilmu Manajemen)
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.7220
| Abstract views : 113 times
|
PDF : 46 times
Windi Febriyanti, Yummil Hasan, Ismet Rum
|
1-13
|
Strategi Dakwah dan Dampaknya dalam Mengislamkan Non-Muslim di Indonesia: Studi Kasus Ustadz Syamsul Arifin Nababan
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.7392
| Abstract views : 143 times
|
PDF : 47 times
Yuliana Nurfalina
|
14-24
|
Strategi Dakwah Kepala Madrasah melalui Program USA (Ustadz-Ustazah Santri Asuh) MAS Al-Falah Padang
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.6069
| Abstract views : 83 times
|
PDF : 42 times
Ahmad Putra, Syaiful Adnan, Nurfarida Deliani, Arifal Dzunuren, Sri Mulya, Indrian Saputra
|
25-37
|
Pendekatan Mau’idzah Hasanah sebagai Metode Dakwah kepada Generasi Sandwich : Analisis Konten Youtube Ustadz Hanan Attaki #LibatinAllah
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.7792
| Abstract views : 128 times
|
PDF : 224 times
Siska Novra Elvina, Wanda Fitri, Syifa Nur Fadillah, St. Hajra Syam
|
38-48
|
Maqashid Al-Quran sebagai Basis Paradigma dan Pengembangan Dakwah Islam di Ruang Digital
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.7224
| Abstract views : 94 times
|
PDF : 86 times
Lukman Fajariyah
|
49-66
|
Moderasi Dakwah di Era Digital Tantangan dan Peluang dalam Membangun Peradaban Baru.
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.6031
| Abstract views : 98 times
|
PDF : 213 times
Bilfahmi Putra, Syabila Maghfiranda, Miftahul Hasanah
|
67-74
|
Mengoptimalkan Potensi Komunikasi Dakwah di Era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam
DOI : 10.15548/jmd.v6i2.6030
| Abstract views : 107 times
|
PDF : 136 times
Muhammad Hanif, Sabila Husna, Vicha Salmiati
|
75-84
|