TINJAUAN SEJARAH DAN STUDI METODE IJTIHAD ULAMA MENGENAI SALAT TARAWIH

Zamzami Saleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah sejarah perkembangan model pelaksanaan salat tarawih dan metode ijtihad dari masing-masing pendapat terhadapnya. Tarawih pada mulanya tidak dikenal sebagai nama jenis salat sunah pada masa Rasulullah SAW. Nama salat tarawih baru disematkan setelah adanya aktifitas istirahat (tarwihah) yang diberikan oleh imam salat pada masa khulafaur rasyidin. Era selanjutnya lebih mengenal istilah salat malam pada bulan Ramadhan yang dilaksanakan secara berjamaah dengan nama salat tarawih. Terdapat ragam riwayat mengenai model salat malam Rasulullah S.A.W, akan tetapi pada masa khulafaur rasyidin terjadi beberapa ijtihad mengenai pelaksanaan salat tarawih. Implikasinya pada saat ini terdapat ragam model pelaksanaan salat tarawih meski pada dasarnya bersumber dari asal yang satu yakni Rasulullah S.A.W. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research0 dengan mengumpulkan, membaca, dan menganalisa data-data (content analysis) dari literatur yang berkaitan sebagai bahan primer seperti kitab-kitab fikih dan kitab-kitab hadis serta sejarah. fPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada satupun teks tegas dari Rasulullah SAW yang mengatur tentang berapa jumlah rakaat salat tarawih, sehingga perkara jumlah rakaat salat tarawih jelas merupakan hal yang ijtihadiyah. Sementara mengenai model pelaksanaannya, ada hadis Rasulullah S.A.W. yang tegas menyebutkannya, akan tetapi ada pula hadis lain yang mengindikasikan model yang berbeda, sehingga membukan peluang hal yang ijtihadiyah pula. Mayoritas ulama mazhab fikih yang empat berpendapat sama dengan model pelaksanaan dan jumlah rakaat tarawih yang telah diatur oleh Umar bin al-Khatthab R.A. yakni 20 rakaat. Sebagian mazhab Maliki berpendapat dengan ijtihad Umar bin Abdul Aziz yakni 36 rakaat. Sebagian ulama berpendapat bahwa jumlah rakaat tarawih adalah 8 rakaat. Adapun model pelaksanaannya ada yang berpendapat dengan dua rakaat satu salam dan ada pula yang empat rakaat satu salam.

Keywords


tarawih; ijtihad; ikhtilaf; sejarah; hadis; hukum Islam



DOI: https://doi.org/10.15548/alahkam.v15i1.5361
Abstract views : 7 times

References


al-'Adawi, Abul Hasan Ali bin Ahmad, 1994, Hasyiyah al-'Adawi 'ala Syarh Kifayah al-Thalib al-Rabbani, Beirut: Dar al-Fikr.

al-'Aini, Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad Badruddin, tt., 'Umdah al-Qari syarh Sahih al-Bukhari, Beirut: Dar Ihya' al-Turats al-'Arabi.

al-'Asqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar, 1379 H, Fathu al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari, Beirut: Dar al-Ma'rifah.

al-Baihaqi, Abu Bakar Ahmad bin al-Husein, 2003, al-Sunan al-Kubra, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

al-Bukhari, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail, 1422 H, al-Jami' al-Sahih al-Mukhtashar min Umuri Rasulillah wa Sunanihi wa Ayyamihi (Sahih al-Bukhari), Beirut: Dar Thauq al-Najah.

al-Haitami, Ahmad bin Muhammad bin Hajar, tt., Tuhfah al-Muhtaj fi Syarh al-Minhaj, Mesir: Musthafa Halabi.

al-Mardawi, 'Alauddin al-Hanbali, tt., al-Inshaf fi Ma'rifah al-Rajih min al-Khilaf, Beirut: Dar Ihya' al-Turats al-'Arabi.

al-Marwadzi, Muhammad bin Nashr, 1408 H, Kitab Qiyam Ramadhan, Pakistan: Hadits Akademi.

al-Nasa'i, Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu'aib, 2001, al-Sunan al-Kubra, Beirut: Muassasah al-Risalah.

al-Ribath, Khalid, dkk, 2009, al-Jami' li 'Ulum al-Imam Ahmad, Mesir: Dar al-Falah.

al-Shan'ani, Abu Bakar Abdurrazaq bin Hammam, 1403 H, al-Mushannaf, Beirut: al-Maktab al-Islami.

al-Syaibani, Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, 2001, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal, Beirut: Muassasah al-Risalah.

al-Thabarani, Sulaiman bin Ahmad, 1405 H, al-Mu'jam al-Shaghir, Beirut: al-Maktab al-Islami.

ibn Abdil Barr, Abu Umar Yusuf bin Abdillah, 2000, al-Istidzkar, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

ibn Hibban, Abu Hatim Muhammad, 1408 H, Sahih Ibn Hibban, Beirut: Muassasah al-Risalah.

ibn Nujaim, Zainuddin bin Ibrahim al-Hanafi, tt., al-Bahr al-Ra'iq Syarh Kanz al-Daqaiq, Beirut: Dar al-Kitab al-Islami.

ibn Syaibah, Abu Bakar, 1409 H, al-Kitab al-Mushannaf fi al-Ahadits wa al-Atsar, Riyadh: Maktabah al-Rusyd.

Malik bin Anas, 2004, al-Muwatha', Abu Dhabi: Muassasah Zayed bin Sulthan.

Muslim bin al-Hajjaj, tt. al-Musnad al-Sahih al-Mukhtashar bi Naql al-'Adl 'an al-'Adl 'an Rasulillah (Sahih Muslim), Beirut: Dar Ihya' al-Turats al-'Arabi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zamzami Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office

Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang

Kampus II UIN Imam Bonjol Padang

Jl. Mahmud Yunus Nomor 1, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153