ANALISIS KENDALA SISTEM BELAJAR DARING TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KAMPUS

Cukri Rahmi Niani, Cukri Rahma

Abstract


Wabah Covid-19 yang telah menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia memaksa kita untuk melakukan segala akitivitas dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kampus. Pemerintah telah menetapkan bahwa proses belajar mengajar harus dilakukan dari rumah (daring) selama masa pandemi covid-19. Selama proses pembelajaran daring dilaksanakan, banyak kendala yang dihadapi baik dari pihak dosen maupun mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kendala sistem belajar daring yang mempengaruhi proses pembelajaran matematika pada mahasiswa. Kendala yang dilihat meliputi kendala kuota internet, kendala keluarga, kendala jaringan, kendala fasilitas Hp/Lattop dan kendala materi pembelajaran.Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner. Pemecahan masalah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresinya . Dapat disimpulkan bahwa kendala kuota internet (x2)  mempeunyai hubungan sebesar 24%  dengan pembelajaran matematika, selanjutnya keluarga (x3) memiliki hubungan 23%, jaringan internet (x1) sebesar 19%, fasilitas Hp/Lattop (x5)  14% dan meteri pembelajaran (x4) sebesar 8%.


Keywords


Kendala; pemebelajaran Daring

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1730
Abstract views : 1831 times
PDF : 1109 times

References


Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pemebelajran Tatp Muka Dan Pembelajaran Online Menutut Gaya Belajar Mahaisiwa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer. Vol 18, no 2.

Astuti, P., dan Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan Dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal gantang. Vol 4, no 2.

Bilfaqih, Y. Dkk. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yokyakarta: deepublish.

Budiaman. (2010). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sejarah Lontar. Vol 7+6.

Hutauruk, A & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied. Vol 2, no 1.

Harlan,J., (2018). Analisis Regresi Linier. Depok: Gunadarma.

Nur hayati, (2020). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning Yang Efektif. Diakses tanggal 1 Juli 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/340478043_METODE_PEMBELAJARAN_DARINGE

Sadikin Ali &Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 6, no 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

----------. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sudjana, (2010). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sembiring, R,K. (2003). Analisis Regresi. Edisi kedua. Bandung : ITB.

Wahyono, P. dkk. (2020). Guru Profesional Di Masa Panemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1, no 1.

Walpole. R,E. (1995). Ilmu Statistik Dan Peluang Untuk Insinyur Dan Ilmuan. Bandung : ITB.

Yuliara,I.M. (2016). Regresi Linier Berganda. Diakses pada tanggal 2 Juli 2020 dari https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/5f0221d2b0bb7ced1d61798fab7f4ad3.pdf

Zainal, aqib. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Zhang, D. et all. (2004). Can e-learning replace classroom learniang?. Diakses 14 Oktober 2020 dari https://doi.org/10.1145/986213.986216.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.