PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THAROWING DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS XI IIS SMA

Lisa Dwi Afri, Rizkia Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing(SBT) dan Numbered Head Together (NHT).  Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Medan. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran SBT dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT, dimana rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model SBT sebesar 52, 47 dari skor ideal 100 dan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model NHT  sebesar 44,87. Hal ini memperlihatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model Numbered Head Together

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1814
Abstract views : 430 times
PDF : 276 times

References


Dwiputra, Made, dkk. (2017). Penerapan Model Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME) FMIPA Unima, VOL 5 NO 1,79-82.

Elferasari, Agustina . (2017). Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII-A SMP Kartika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 5 No 2, Juli 2017.

Hafsyah. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK (Defenisi, Desain, Formulasi, dan Komunikasi) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Edumasul, Vol 2, No 1.

Haji, Saleh, dkk. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology (JoRMTT) Vol. 01, No. 02, 2019 | 52-60.

Kilpatrick J, et al. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Laksono, Dwi Ridam, dkk. (2019). Mathematics Learning Achievement with Snowball Throwing for Kinestetic Learning Style Students. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol. 9, No. 1.

Lambertus. (2016). Developing Skills Understanding Of Mathematical High School Student. International Journal of Education and Research, Vol. 4 No. 7 July 2016. 315-326.

Malalina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Viii Smp Tamansiswa Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (2017), 1 (1), 19–28.

Meika, dkk. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematik dengan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII SMP Plus Mathala’ul Anwar Cibuah. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education., 1(1), 21-28.

Muchrozin, Gus, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Berbantu Peta Konsep terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Negeri 1 Lampung Timur. Jurnal PROMOSI: Jurnal pendidikan Ekonomi, Vol 5 No 2, 118-123.

Mulyana, Mutia Agisni, dkk. (2016). Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenapakan Alam Dan Social Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: VOl1 No 1 2016 331-340.

Murnaka, Nerru P. & Dewi, Sri R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol. 2. No. 2.

Sarwono, Jonathan. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2. Yogyakarta: Suluh Median

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Grup.

Virgana. (2019). Understanding of Mathematical Concepts Through Cooperative Learning, And Learning Styles. Journal of Education and Learning (EduLearn), Vol. 13, No. 2, May 2019, pp. 212~218.

Wardani, Kusuma Chellyana, dkk. (2015). Implementasi Model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VOL XIII, No 2, tahun 2015 89-96.

Yanuar, dkk. (2019). Penerapan Model Student Teams Achievement Division Terhadap Kemampuan Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. UNION: JUrnal pendidikan matematika VOL 7 NO 1, 57-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.