STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi Mathematical Habits of Mind terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok. Kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis matematis diukur dengan instrumen tes serta dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baerturut-turut adalah 74,91 dan 64,91, sedangkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 73,73 dan 64,80. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh,𝑡hitung>𝑡tabel (2,60 > 1,65), demikian juga halnya dengan kemampuan berfikir kritis matematis diperoleh thitung >ttabel (2,29.>.1,65). Hal ini menyatakan kemampuan pemecahan masalah dan berfikir kritis matematis peserta didik kelas VIII MTsN 2 Solok yang belajar dengan strategi mathematical habits of mind lebih tinggi dari pada strategi pembelajaran biasa.
Keywords
Pemecahan Masalah Matematis; Berpikir Kritis Matematis; Strategi Belajar Mathematical Habits of Mind
Full Text:
PDF


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.