ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mej.v5i2.2193
Abstract views : 65 times
PDF : 47 times
References
Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai 2 (4)
Djam’an Satori. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Heris Hendriana, dkk. (2017). Hard Skill dan Soft Skill. Bandung: Refika Aditama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mohd. Uzi Dollah. (2006). Pengajaran dan Pembelajaran Matematik Melalui Penyelesaian Masalah. Ampang/Kelang Selangor Darul Ehsan: Dawarma Sdn. Bhd.
National Council of Teachers of Mathematics. Excecutive Summary Principles an Standards for School Mathematics.
Pawestri, D.P. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6-7.
Pisa. (2018). Programme for Internasional Student Assessment 2015 Result in Focus. Paris: OECD Publishing.
Ridwan Abdullah, dkk. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tsmart.
Shofia Hidayah. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (1)
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto. (2012). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Budi Utama.
Yusuf Ansori. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Mathematics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.