Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF


References
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Beni, S. (2020). Siklus Tahunan Budaya Dayak Djongkakng Di Dusun Jambu Desa Semirau Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 6(2), 221–247. https://doi.org/10.36424/jpsb.v6i2.192
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan. In Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fauziah, S. N. Q., & Mansur. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Primary, 09(02), 243–268.
Hendrawan, T., Kasdi, A., & Sukartiningsih, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084–1091. Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jatmiko, D. D. H. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Dan Sq4R Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Gammath, 2(1), 162–175.
Jayanti, R. (2018). Pembelajaran Menggunakan Teknik Probing Prompting Berbantuan Edmodo Blended Learning Pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa Di Universitas Pgri Palembang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Jenahut, K. S., & Maure, O. P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Banga Masyarakat Manggarai Timur, 9(1), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.16350
Kurniawan, A. P., Anam, A. C., Abdussakir, & Rofiki, I. (2019). Integrasi Etnomatematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Melatih Komunikasi Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Maure, P. O., & Ningsi, G. P. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Tarian Caci Masyarakat Mangarai Nusa Tenggara Timur. Posiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–347. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/index
Megasari, M., Sundaryono, A., & Firdaus, M. L. (2018). Pembelajaran probing prompting untuk meningkatkan berpikir kritis siswa anggota kelompok ilmiah remaja. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 163–169. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.163-169
Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2021). Laporan Ujian Nasional. Retrieved February 5, 2021, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2016-2017-2018-2019!smp!capaian_wilayah!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&
Putra, A. A. N. A. (2013). Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Radiana, P. R., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Etnomatematika, 2(1), 32–40.
Riadi, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67.
Setiawati, D. A. O., Sudiarta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2845
Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717
Susanti, E., Sukasno, & Refianti, R. (2017). Penerapan Model Probing-Prompting Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Muara Kelingi Tahun Pelajaran 2016/2017, 1–11.
Suyati. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Perkalian dengan Metode Bermain Kartu. Jurnal Paradigma, Volume 2(1).
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Prasi, 11(01), 4–11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/download/10964/7022
Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan fungsi guru Sekolah Dasar dalam memajukan dunia pendidikan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 1–4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.