PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING

Nita Putri Utami, Yulia Yulia, Serli Ramadona

Abstract


This study aims to develop lesson plans and handouts based on Guided Note Taking on Algebraic Operations material. This type of research is development research with a 4-D model proposed by S. Thiagarajaan (1974) which consists of four stages of development, namely definition, design, development and dissemination. The define stage consists of: a) educator analysis b) student analysis c) concept analysis d) curriculum/syllabus analysis and learning objectives. The design phase consists of: a) device design b) instrument design and validation of learning device assessment instruments. The develop stage consists of: a) validity stage b) practicality stage. The results of this study indicate that based on the assessment of 5 validators, the learning tool, namely the RPP developed, meets the criteria of being very valid with an average of 90% and the Handout meets the criteria of "very valid" with an average of 88%. Based on the results of filling out practicality questionnaires for educators, student response questionnaires and interviews with students, it shows that the Handout developed is very practical to use in learning mathematics in algebraic operations with an average of 90% by educators and 92% by students. Thus, it can be concluded that this research produces a mathematics learning device based on the Guided Note Taking approach with very valid and practical criteria.

Keywords


Learning Device Development; Guided Note Taking

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v7i1.5867
Abstract views : 122 times
PDF : 71 times

References


Abdul Halim Hanafi, (2017), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Hakim Publishin

Abdul Majid, (2016), Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Christianti., Sudarmin., Subroto, T. (2012). Model Pembelajaran Guided Note Taking Berbantuan Media Chemoedutaiment Pada Materi Pokk Koloid. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1(1). 8-16

D, Fatria, Lutfi dan Syamsurizal.(2022). Pengembangan Hanout Berbasis Guided Note Taking untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Hyidrogen: Jurnal Pendidikan Kimia.10(2). 132-145

Dalimunthe, R., R., Harahap, r., D., dan Harahap, D., A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348

Dewi, C.A., dan hulyadi, H. (2015).Pengaruh Pendekatan Simple Explicit Animation (SEA) Terhadap Kemampuan Berpikir Logika Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Organik.Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 235-240.

Lestari, D., Nurbaity, dan Hadinugrahaningsih, T. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Melali Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Cooverative Learning. Jurnal Riset Pendidikan Kimia 11(1), 101-108.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Marhamah, (2006), Cooperative Learning Pada Pendidikan Agama Islam Untuk SD, Padang: Hayfa Press.

Nugroho, A.W., Indrowati, M., Sugiharto, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Laboratorium disertai Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) Pada Siswa Kelas VIII E SMPN 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. BIO PEDAGOGI, vol. 2(2). 40

Nur H dan Nurmisda R. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Di Kelas VIII MTS Miftahul Ula Pematang Cengal. Jurnal Pendidkan , Bahasa dan Budaya. 1(3). 99-109

Susanti, L., Fadhilah, R., DAN Kurniati, T. (2022).Pengembangan Alat Praktikum Kesetimbangan Kimia Untuk Siswa SMA di Pontianak. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2)

Trianto, (2010), Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, S., & Putri, S. 2020. Pengembangan Handout Materi Sistem Koloid Berbasis Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Respon Siswa Kelas Xi Sma. Jipi (Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa), 4(1), 41-59.

Diana, neti., dkk. 2021. Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal program studi pendidikan matematika.10(1). 38-47.

Oktavianis,Dwi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Pesertadidik (Lkpd) Berbasis Guided Note Taking Pada Kompetensi Dasar Interaksi Manusia Dan Lingkungan Dalam Dinamika Hidrosfer Untuk Sma Kelas X. 5(2).81-87

Dewi,f., Lutfi, P.,& Amyarsita, L. 2022. Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia. 10(2). 132-145.

Syahra, A., Nasir, M., & Winarni, Sri. 2021. Andout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid. Jurnal Pencerahan. 15(2). 139-153.

Ulya, R., Sari, S., & Ismayani, A. 2017. Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK). 1(4). 115-124

Rahmawati, J., V., (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Metode Pembelajran Guided Note Taking Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3 (1). 27-35.

Lutvaidah, ukti. (2015). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap penguasaan konsep matematika. Jurnal formatif. 5(3). 279-285.

Syahra, N. A., Nasir, M., & Winarni, S. (2021). Handout Berbasis Guided Note Taking. Jurnal Pencerahan, 15(2), 139–153.

Rahmawati, J., V., (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Metode Pembelajran Guided Note Taking Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3 (1). 27-35

Ningsih, titik. 2023. Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K- 13 di SMP Negeri 8 Binjai. AFoSJ-LAS. 3(1). 114-132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.