PENERAPAN KONSEP KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mej.v7i2.7027
Abstract views : 813 times
PDF : 193 times
References
Ainia, Dela Khoirul. "Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter". Jurnal Filsafat Indonesia 3, no. 3 (2020): 95-101.
Albar, Joni dan Mastiah Mastiah. "Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar 10, no.2 (2022): 273-279.
Baharuddin, Muhammad Rusli. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi)”. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4, no.1 (2021): 195-205.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hidayat, S. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Hutabarat, Hasrida, dkk. "Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan". Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 5, no.3 (2022): 58-69.
Inayati, Ummi. “Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI”. ICIE: International Conference on Islamic Education 2, (2022): 293-304.
Indarta, dkk. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no.2 (2022), 3011-3024.
Majid, A. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis dan Praktis. Bandung: Interes Media, 2014.
Manalu, Juliati Boang, dkk. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar". Prosiding Pendidikan Dasar 1, no.1 (2022): 80-86.
Maunah, B. Pendidikan Kurikulum SD/MI. Surabaya: Elkaf, 2005.
Miladiah, Sofa Sari, dkk. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung”. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no.1 (2023): 312-318.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Nana Syaodih Sukmadinata. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Nasution. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Oemar, H. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2001.
Oktavia, Fir Tri Ajeng dan Khoirul Qudsiyah. "Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 2 Pacitan". Jurnal Edumatic: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no.1 (2023): 14-23.
Rahayu, Restu, dkk. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak”. Jurnal Basicedu 6, no.4 (2022): 6313-6319.
Ramadani, Fitra. "Konsep Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat Progresivisme". Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no.2 (2022): 1239-1251.
Rosidah, T. C., Pramulia, P., dan Susiloningsih, W. "Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar". Jurnal Pendidikan Dasar 12, no.1 (2021): 87-103.
Sherly, E. Dharma, dkk. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur”. UrbanGreen Conference Proceeding Library 1, (2020): 183-190.
Shihab, N. Merdeka Belajar Diruang Kelas. Tanggerang Selatan: Literati, 2020.
Sopiansyah, Deni, dkk. “Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)”. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4, no.1 (2022): 34-41.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R.D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Tsuraya, Febia Ghina, dkk. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak”. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 1, no. 4 (2022): 179-188.
Vhalery, Rendika, dkk. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur”. Research and Development Journal of Education 8, no.1 (2022): 185-201.
Wulandari, Yuni, dkk. "Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika". Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 4, no.2 (2021): 317-321.
Yasmansyah. “Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no.1 (2022): 29-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.