Pengembangan E-learning Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Keterampilan Abad 21 Peserta Didik

Reza Fahmi, Prima Aswirna, Rizki Amelia, Nurhasnah Nurhasnah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidik masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah dan sesekali menggunakan media power point yang masih berpusat pada pendidik, dan sedikitnya sumber pembelajaran fisika berbentuk e-learning yang bisa diakses secara luar, kapan saja, dimana saja dan muatan materi yang sangat padat sementara waktu pembelajaran yang diberikan di dalam kelas hanya sedikit. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengembangkan e-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan abad-21 peserta didik 2) untuk menghasilkan e-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan abad-21 peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan plomp meliputi: 1) Penelitian pendahuluan (Preliminary research), 2) pengembangan prototipe (Development of prototype phase) dan 3) Fase penilaian (Assesment phase). E-learning berbasis inquiry terbimbing berbantuan aplikasi edmodo pada materi suhu dan kalor serta termodinamika sangat valid dengan skor rata-rata 90,44% dengan persentase uji kelayakan isi sebesar 86%, kelayakan media 93,33% dan kelayakan bahasa 92%, dimana praktikalitas oleh pendidik 94,67% dan peserta didik

Keywords


E-learning, inquiry terbimbing, edmodo, keterampilan abad-21

References


Alihajdaraj, E., Imeri, F., & Memeti, A. (2018). Edmodo Platform Integration Challanges on Secondary Education in Kosovo: Empirical Analysis. 8(1), 72–77.

Atmanegara, W. P., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Edmodo pada Materi Pelajaran Elektronika Dasar Studi pada Siswa Kelas X TEI SMK Negeri 2 Bojonegoo. 5(1), 359–364.

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A study on “Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, 144(1), 416–422.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012025.

Ersöz, A. R., Küçüksüleymanoğlu, R., & Ersöz, Z. (2017). A Suggestion on How edmodo can encourage a Lifelong Learning. European Journal of Open Education and E-learning Studies.

Gray, K., & Koncz, A. (2017). The key attributes employers seek on students’ resumes. National Association of Colleges and Employers.

Jalan, P. (t.t.). KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. 74.

Khansa, M. L., & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Siswa Homeschooling. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika. Fisika, dan Aplikasinya.

Kinshuk, H.-W. H., Sampson, D., & Chen, N.-S. (2013). Trends in educational technology through the lens of the highly cited articles published in the journal of educational technology and society. Educational Technology & Society, 16(2), 3–20.

Kuhlthau, C. C. (2010). Guided inquiry: School libraries in the 21st century. School libraries worldwide, 16(1), 17–28.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191–201.

Manowong, S. (2016). Undergraduate students’ perceptions of Edmodo as a supplementary learning tool in an EFL classroom. Humanities, Arts and Social Sciences Studies (FORMER NAME SILPAKORN UNIVERSITY JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES, HUMANITIES, AND ARTS), 16(2), 137–162.

Mokhtar, F. A. (2017). Recognizing possible limitations of e-learning through Edmodo. Proceedings of the ICECRS, 1(1).

Munir. (2019). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

O’Neal, L. J., Gibson, P., & Cotten, S. R. (2017). Elementary school teachers’ beliefs about the role of technology in 21st-century teaching and learning. Computers in the Schools, 34(3), 192–206.

Padmo, D., & Pribadi, B. (2002). Media dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh. Dr. Setij adi MA., 36.

Prasetiyono, S., & Sumbawati, M. S. (2014). Pengembangan media pembelajaran e-Learning berbasis edmodo pada Kompetensi dasar menerapkan konsep dasar sistem komunikasi data Sinyal digital melalui media kabel fiber dan frekuensi radio di SMK Negeri 1 jetis mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Putra, R. A. M. (t.t.). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Masa Pandemi. 6.

Rahayu, M. S. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Platform Android sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas X [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramli, M. (2015). Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 133–134.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

SE Sesjen Nomor 15 Tahun 2020 KEMENDIKBUT 2020.pdf. (t.t.).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Vegh, dkk, V. (2017). The effect of using edmodo in biology education on student’s attitudes towards biology and ICT. 75.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v7i1.2472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.