Ejournal UIN Imam Bonjol Padang


A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z All

MAp (Mathematics and Applications) Journal

View Journal | Current Issue | Register

CERDAS

View Journal | Current Issue | Register

JURNAL AL-AQIDAH

Jurnal AL-AQIDAH: Jurnal Ilmu Aqidah FIlsafat, sudah terdaftar sejak tahun 2009 di LIPI dengan no 2086-0439, yang dikelola oleh jurusan aqidah filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang. Setelah sekian lama, dalam perjalanannya lembaga ini mengalami beberapa perubahan, baik dari perubahan nama jurusan dan perubahan nama fakultas dan perubahan status lembaga. Sebelumnya dikenal dengan Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, dan sekarang Program Studi (Prodi) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang.

 

Sebagai sebuah lembaga dalam pengembangan keilmuan terkait dengan Aqidah dan Filsafat Islam, memiliki sebuah media pengembangan yang dikenal dengan jurnal AL-AQIDAH, yang siap menyalurkan hasil pemikiran, penelitian dan tulisan insan akademik yang terkait dengan tema–tema filsafat, filsafat Islam, Pemikiran Islam, Teology Islam dan Tasawuf. Dengan mengikuti ketentuan yang ada (tamplate penulisan), atau dapat menguhubungi pengelola jurnal melalui email: al-aqidah@uinib.ac.id.

View Journal | Current Issue | Register

Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Nama jurnal Lisaanuna Ta`lim Al-Lughah Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dikelola oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Tujuan jurnal ini ingin mengembangkan ilmu linguistik bahasa arab terapan berupa tulisan artikel dengan penelitian lapangan dan kepustakaan. Untuk terbitan volume 1 nomor 1 membicarakan tentang metode-metode pengajaran bahasa arab dari pendekatan psikologi, ethnografi, model-model pembelajaran bahasa arab dan kepustakaan. Deengan demikian dapat disimpulkan bahwa jurnal ini menampung artikel-artikel yang membicarakan tentang pembelajaran bahasa arab.

View Journal | Current Issue | Register

Tarikhuna

Jurnal Tarikhuna : diterbitkan oleh Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN IB Padang. Jurnal  ini memuat artikel yang membahas aspek pendidikan Sejarah, metode, model pembelajaran IPS Konsentrasi Sejarah dan inovasi-inovasi pembelajaran. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, laporan studi kasus, kajian dan tinjauan pustaka.

Terbitnya jurnal pendidikan ini menjadikan suatu indikator bahwa Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah sangat peduli terhadap perkembangan dan inovasi-inovasi pada bidang Ilmu Pendidikan Sosial terutama pada pendidikan Sejarah. Selain itu adanya jurnal Tarikhuna menunjukan bahwa para dosen Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah sudah membudayakan meneliti dan mempublikasikan hasil penelitian. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial terkhususnya Sejarah juga mengajak pihak lain berpartisipasi dalam penerbitan jurnal baik Universitas lokal maupun tingkat Nasional dan bahkan Internasional.

View Journal | Current Issue | Register

PRODU-Prokurasi Edukasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam)

Jurnal PRODU adalah jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini mengkaji tentang keilmuan bidang Manajemen Pendidikan, Manajemen Pendidikan Islam, Administrasi Pendidikan, dan Kebijakan Pendidikan  baik secara formal maupun non-formal. Fokus kajian dalam jurnal ini bisa berupa  hasil penelitian dan pemikiran inovatif bidang manajemen pendidikan/sekolah baik dari lingkungan civitas akademik Manajemen Pendidikan, Manajemen Pendidikan Islam, pakar, Asosiasi Profesi, Birokrasi dan praktisi manajemen pendidikan/sekolah/madrasah/pondok pesantren maupun berbagai kebijakan pendidikan nasional. Secara reguler, terbitan jurnal PRODU secara periodik terbit 3 kali dalam satu tahun yakni pada bulan April, Agustus, dan Desember. Selain itu, jurnal PRODU juga berkomitmen untuk melakukan penerbitan khusus bagi tema-tema, isu-isu aktual dan krusial di bidang manajemen pendidikan/sekolah/madrasah/pesantren. Jurnal PRODU sebagai jurnal Manajemen Pendidikan Islam juga berkomitmen untuk mengembangkan kerjasama publikasi penelitian dan kajian ilmiah dengan Universitas, lembaga penelitian dan jurnal ilmiah di arah nasional dan internasional.

View Journal | Current Issue | Register

Hadharah

Jurnal Hadharah merupakan wadah publikasi hasil kajian dalam lapangan ilmu-ilmu humaniora dan kemasyarakatan yang mutakhir dan memiliki relevansi yang kuat dengan isu-isu terkini seputar keislaman, kebudayaan dan masyarakat Islam baik pada ranah lokal, regional maupun global. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan dengan abstraksi ilmiah yang mencakup kerangka konseptual, landasan teoritis, metode pembacaan terhadap sumber, dikupas secara kritis, tajam, dan memiliki nilai perdebatan akademis yang tinggi.

View Journal | Current Issue | Register

Tarbiyah Al-Awlad

Al-Awlad adalah sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal yang diterbitkan 2 kali setahun ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran orisil di bidang pendidikan. Jurnal ini diterbitkan sejak januari 2009. Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah yang masuk di evaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah dan tata cara lainnya.

View Journal | Current Issue | Register

Al-Adyan: Journal of Religious Studies

Al-Adyan: Journal of Religious Studies adalah jurnal ilmiah akademis yang diterbitkan oleh Program Studi (PRODI) Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit dua kali setahun yang mempublikasikan artikel ilmiah dan hasil penelitian studi agama dalam ragam lingkup kajian meliputi perbandingan agama, sejarah agama, sosiologi agama, antropologi agama, fenomenologi agama, hubungan antar agama, multikulturalisme, serta agama dan isu-isu kontemporer. Al-Adyan: Journal of Religious Studies mengundang para penulis dan peneliti untuk menyumbangkan karya terbaik sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

View Journal | Current Issue | Register

Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis

Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis adalah jurnal imiah yang diterbitkan oleh Prodi Ilmu Hadis Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahun semenjak semenjak 2019. Fokus kajian jurnal ini berkaitan dengan kajian al-Qur’an dan Hadis dengan segala aspek berkaitan dengannya, seperti tafsir dan syarh dalam bentuk literatur, living di tengah masyarakat, manuscript, serta disiplin keilmuan lain yang berkaitan dengannya.

Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis mengundang dosen, mahasiswa, peneliti, dan penggiat studi al-Qur’an dan hadis menyerahkan artikelnya dengan mematuhi panduan penulisan berdasarkan format/template yang telah ditetapkan. 

P-ISSN: 2685-1547; E-ISSN: 2685-1555

View Journal | Current Issue | Register

Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam

Al Irsyad: Jurnal Ilmiah Dakwah dan Konseling Islam diterbitkan oleh jurusan Bimbingan Kon seling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komukasi UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini terbit pertama kali dengan nomor Al-Irsyad Vol. 1 No. 1 April 2009. Jurnal Ilmiah ini ambil bagian dalam menyiarkan kajian tentang Dakwah dan Pengembangan Keilmuan Konseling Islam melalui tulisan-tulisan ilmiah, hasil penelitian, survey dan karya ilmiah lainnya.

View Journal | Current Issue | Register

Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian

Turast : Journal of Research and Service [p-ISSN 2354-6735 | e-ISSN 2685-3329] published a scientific paper on the results of research and community service and review of the literature in the field of Islamic Studies (Religious Studies, Islamic Thought, Islamic Philosophy, Qur’anic Studies, Hadith Studies, Islamic Mysticism, and Mathematic.

This journal has been indexed in:

 

   

View Journal | Current Issue | Register

Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah

Al Imam:  Jurnal Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang diterbitkan  pertama kali  pada bulan April tahun 2009. Sejarah pemilihan nama Al Imam terinspirasi  dari peranan majalah Al Imam dalam melakukan modernisasi yang berdampak  terhadap kemajuan umat Islam di nusantara pada awal abad ke 20 Masehi. Jurnal al Imam ini menjadi media untuk pengembangan intelektual pemikiran islam dalam bidang keilmuan manajemen dakwah. Jurnal ini menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian  dalam ilmu dakwah dan manajemen dakwah.Dalam perjalanannya Jurnal Al Imam mengalami perubahan yang agak signifikan dengan mengacu kepada Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2018. Perubahan yang terjadi meliputi:  1. Perubahan nama, pada awalnya bernama Al Imam: Jurnal Ilmiah Dakwah dan Manajemen, menjadi Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah. 2. Perubahan pada lay out, perubahan mencakup tampilan yang disesuaikan dengan pedoman akreditasi jurnal ilmiah tahun 2018.  3. Perubahan format, pada awalnya jurnal ini memakai format kertas B.5, berubah menjadi format kertas A.4 Berdasarkan kepada perubahan tersebut, maka volume jurnal dimulai dari Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah adalah akses terbuka dan peer review jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Janurari-Juni dan Juli-Desember setiap tahunnya.

View Journal | Current Issue | Register

Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Title : Al-Hikmah: Jurnal Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

ISSN: 2685-1881

Subject: Dakwah dan Keilmuan Dakwah

Language: English (preferred), Indonesia

DOI: https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v1i2.105

Al-Hikmah: Jurnal Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang diterbitkan kali pertama pada bulan April 2004 sampai 2017 dengan print out. Sejarah pemilihan nama Al-Hikmah terinspirasi dari “Bayt al-Hikmah” yang menjadi pusat intelektual dan keilmuan pada masa keemasan Islam. Jurnal Al-Hikmah ini bertujuan  membangkitkan kemajuan intelektual Islam terutama dalam bidang Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi melalui publikasi ilmiah. Jurnal Al-Hikmah ini menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian dalam bidang Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi atau yang terkait dengannya. Jurnal Al-Hikmah ini diterbitkan secara berkala setiap bulan April dan Oktober. dan di tahap selanjutnya di onlinekan pada tahun 2018-2019

 

View Journal | Current Issue | Register

Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid

Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang, sebagai media informasi dan forum pembahasan kajian tentang ilmu ushuluddin yang terkait dalam empat aspek bidang keilmuan yakni, Aqidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-quran dan Tafsir (Tafsir Hadis), Psikologi Islam. Majalah ini berisi kumpulan tulisan ringkas hasil penelitian, hipotesa, survey dan karya akademik lainnya.

p-issn: 1410-2617 e-issn: 2685-466X

 

View Journal | Current Issue | Register

RiELT

RiELT (Research in English Language Teaching) adalah sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.  Jurnal yang diterbitkan 2 kali setahun ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia, khususnya yang terkait dengan: (a) Pengembangan Kurikulum (Curriculum Development); (b) Metode Pembelajaran (Methods of Teaching); (c) Penilaian (Evaluation and Assessment); (d) Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (English for Specific Purposes); (e) Bahasa Inggris untuk anak-anak (English for youg learners); (f) Linguistik Terapan (Applied Linguistics); dan (g) Pengembangan Materi (Material Development).

View Journal | Current Issue | Register

Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam

Pada awalnya, Jurnal Al-Qalb yang diterbitkan pertama kali pada bulan Agustus 2008 ini merupakan bagian dari Program Kerja Bagian Jurnal Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang. Terbitnya jurnal ini sebagai respon atas tingginya animo para akademisi dan peneliti untuk ikut berpartsipasi dalam pengembangan dan penyebarluasan hasil – hasil penelitian di bidang psikologi. Jurnal ini sempat vakum pada tahun 2012 dan kembali terbit ditahun 2013.

Sejak tahun 2015, Al-Qalb dikelola langsung oleh Tim Jurnal Program Studi Psikologi Islam. Diharapkan agar Jurnal ini dapat menjadi wadah bagi civitas akademika Program Studi Psikologi Islam yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sekaligus menggunakannya demi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara luas. Selain itu, diharapkan juga agar jurnal ini dapat bermanfaat bagi dosen untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya dan mensosialiasikan hasil-hasil penelitian yang dapat digunakan oleh masyarakat yang merupakan pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk mahasiswa, jurnal ini dapat bermanfaat dalam memperluas wawasan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang ilmu Psikologi Islam serta mendorong semangat melakukan penelitian dan menyebarluaskan hasilnya di kalangan perguruanTinggi.

View Journal | Current Issue | Register

AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Welcome to Al Munir E-Journal Website

 

Al Munir: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting was published by the Communication and Broadcasting Study Program of the Faculty of Da'wah and Communication Sciences of the State Islamic University (UIN) Imam Bonjol Padang. The Al Munir journal provides writings for practitioners and academics to develop theories, empirical research, and introduce new concepts in the field of communication broadcasting Islam and da'wah in a broad perspective. This journal covers the actual issues in Islamic communication studies, including the development of contemporary da'wah by utilizing media, Islamic information systems, rhetoric, literature, and government policies regarding broadcasting and information regulation. The purpose of this journal is to promote sharing of knowledge and understanding of the issues of Islamic broadcasting communication. Then receive donations from experts, researchers, practitioners and policy makers throughout the world. This journal is published periodically twice in one year, namely in January - June and July - December each year. Al Munir: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting already has P-ISSN: 2086-1303 and E-ISSN: 2657-0521

 

 

View Journal | Current Issue | Register

Murabby: Jurnal Pendidikan Islam

Murabby: Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 2615-2061 Online ISSN 2622-4712) is a journal published by Departemen Islamic Education, Faculty of Islamic Education and Teacher Training UIN Imam Bonjol Padang. It is a peer-reviewed professional journal with an editorial board of scholars in the fields of islamic education. The journal seeks to disseminate research to educators around the world. This journal warmly welcomes contributions from scholars and experts of related disciplines. This publication was created as an interactive journal, not an electronic version of a traditional print publication. The journal publishes two issues per year. 

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Ulunnuha

Jurnal Ulunnuha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal ini memuat tulisan yang diangkatkan dari hasil penelitian, pemikiran, gagasan konseptual atau kajian analitis kritis yang berkaitan  dengan al-Qur`an dan Hadis. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu: pada bulan Juni dan Desember. 

P-ISSN : 2086-3721 | E-ISSN : 2685-6050

Jurnal Ulunnuha pada awalnya adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Khusus Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang (sekarang sudah beralih status menjadi UIN) secara berkala dua kali dalam setahun yang terdiri dari edisi nomor 1 dan nomor 2. Jurnal Ini diterbitkan mulai tahun 2012. Jurnal  ini menampung dan mempublikasikan hasil penelitian atau karya ilmiah berupa kajian al-Qur’an dan Hadis atau pun kajian al-Qur’an dan Hadis yang bersifat interdisipliner dengan ilmu-ilmu lainnya, yang ditulis oleh para akademisi baik Dosen maupun Mahasiswa dari kalangan Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang dan juga berasal dari  perguruan tinggi lain di luar UIN Imam Bonjol Padang

 

View Journal | Current Issue | Register

Math Educa Journal

Math Educa Journal (ISSN Cetak: 2580-6726, ISSN Online:2598-2133) diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang sejak tahun 2017. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Artikel versi online pada jurnal ini dimulai pada Volume 1 Nomor 2 tahun 2017. Math Educa Journal berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang matematika dan pendidikan matematika.

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Al-Taujih

Jurnal AL-TAUJIH adalah jurnal pengembangan kajian keilimuan bimbingan dan konseling Islam, kajian pendidikan konseling,  dan berbagai kajian bimbingan konseling dalam berbagai pendekatan yang diterbitkan oleh salah satu Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Sebagai salah satu wadah literasi akademik, jurnal ini memberikan kesempatan bagi dosen, praktisi, guru, pengamat dan ahli di bidang bimbingan dan konseling. Tulisan dalam jurnal ini berupa (a) Kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, (b) Pengamatan empirik, (c) Pengembangan gagasan atau usulan baru, (d) hasil penelitian, (e) Artikel konseptual dan telaah (review) buku baru.

View Journal | Current Issue | Register

Page Header Logo

NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Jurnal Natural Science ini memuat artikel yang membahas aspek pendidikan Fisika, metode, model pembelajaran IPA Fisika, inovasi-inovasi pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan aspek fisika murni. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, laporan studikasus, kajian dan tinjauan pustaka. Terbitnya jurnal pendidikan ini menjadikan suatu indikator bahwa prodi Tadris IPA Fisika sangat peduli terhadap perkembangan dan inovasi-inovasi pada bidang sains terutama pendidikan Fisika. Selain itu adanya Jurnal Natural Science menunjukkan bahwa para dosen Tadris IPA Fisika sudah membudayakan meneliti dan mempublikasikan hasil penelitian. Jurnal studi pendidikan fisika juga mengajak pihak lain berpartisipasi dalam penerbitan jurnal baik universitas local maupun tingkat nasional dan bahkan internasional. Penerbit : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Email : naturalscience@uinib.ac.id

View Journal | Current Issue | Register

Maktabatuna

Jurnal Maktabatuna merupakan Jurnal Kedua Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang setelah Jurnal Imam Bonjol yang telah terbit 2 periode pada tahun 2017 dan 2018. Penggantian nama jurnal menjadi Maktabatuna karena ada pendapat bahwa nama jurnal tidak boleh memakai nama lembaga.

View Journal | Current Issue | Register

TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

Jurnal Tathwir merupakan jurnal ilmiah mengenai persoalan sosial dan pengembangan masyarakat Islam. Jurnal ini pertama kali diterbitkan April 2009 oleh Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Dakwah UIN Imam Bonjol Padang. Nama Jurnal Tathwir ini terinspirasi dari semangat perubahan yang merupakan derivasi kata “tathwir” (perubahan). Jurnal ini diterbitkan secara berkala setiap bulan April dan Oktober. Jurnal Tathwir memuat artikel dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkaitan kajian ilmu-ilmu sosial keagamaan.

View Journal | Current Issue | Register

Jurnal Latihan

View Journal | Current Issue | Register