Pengembangan Kompetensi Guru Sejarah dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Satuan Pendidikan Tingkat SMA

Neneng Dwiminjawati, Sermal Sermal

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi pustaka dengan langkah-langkah: Pertama jenis penelitian library research, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang ada hubunganya dengan masalah yang akan dipecahkan. Kedua langkah riset kepustakaan, dengan cara menyiapkan perlengkapan dan menyusun bibliografi kerja. Ketiga, pedekatan hermeunitika yakni penafsiran sumber dan filsafat yakini gagasan dan ide sesuai kebenaran data yang ada. Keempat teknik pengumpulan data, yakni dengan dokumentasi seperti buku, jurnal dan lainnya. Kelima analisis dan interprestasi data yakni mengambil kesimpulan dan memberikan makna terhadap data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan kompetensi guru sejarah terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi professional dalam pemanfaatan media TIK dapat dengan pemanfaatan pengunaan media berbasis Tekonologi Informasi Dan Komunikasi (TIK), seperti terdiri dari teknologi komputer, teknologi multimedia, teknologi jaringan komputer.  Serta media teknologi yang terdiri dari,  Electronic Mail / E-mail adres, Mailling List, Audio Kaset, vidio, Microsoft Powerpoint, E-Learning, Computer Based Intruction (CBI) serta Ditance Learning. Sedangkan analisis keterpaduan kompetensi guru sejarah dengan program yang ada oleh pemerintah, pemerintah mengeluarkan program untuk mendukung kompetensi guru sejarah melalui program Uji Kompetensi Guru (UKG), program peningkatan kualifikasi guru, program penyetaraan dan sertfikasi, program pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, program supervise pendidikan, Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), symposium guru dan sebagainya.

Full Text:

PDF Remote


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2704
Abstract views : 72 times
PDF : 45 times Remote : 28 times

References


Al-Rasyidin dan Samsul Nisar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Ciputat Press

Abdullah, Taufik dkk.,Sejarah pemikiran, Rekonstruksi, persepsi. Masyarakat Sejarawan Indonesia

Ali Imran, Agus. 2015. Muqodimah Ngrowo Tutur Lisan Hingga Tutur Tulisan.Yogyakarta: Budi Utama

B. Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Fatmawati, Debi Setiawati: Ikip Budi Utomo Malang, “Pengembangan Kompetensi Guru SejarahDalam Menghadapai Tantangan Abad 21”, h.2 Diakses Pada 17 Mei 2020 Pada e-Jurnal mitra pendidikan.Com

Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Media Komputindo

Joenaidy, Abdul Muis. 2019. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri. Yogyakarta: Laksana

Kartodirdjo, Sartono. 1989. “Metode Penggunaan Bahan Dokumen”, dalamKoentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung: Rosdakarya

Nata, Abuddin. 1999. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Puji Rizki Irani: Universitas Jember (Unej), Problematik Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Di Smkn 1 Jember”, h. 212 Diakses Pada 17 Mei 2020 Dari Https:// Www. Jurnalpi.Com

O.Kattsof, Louis. 1989. Pengantar Filsafat, terj.:Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana

Ricoeur, Paul. 2008. Hermeneutika Ilmu Sosial, terj.:Muhammad Syukri. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Robandi, Imam. 2010. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta :Grasindo

Syaefuddin Sa’ud dan Abin Syamsuddin Makmun.2009.Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Cet.IV. Bandung: Rosda

S. Nasution. 2012. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

Sasminelwati. 2006. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang :IAIN IB Press

Sudjarwo. 1984. Teknologi Pendidikan. Jakarta : Gelora Aksara Pratama

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Kencana

Zed Mestika.2004.Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Neneng Dwiminjawati, Sermal Sermal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.