Program Kemuhammadiyahan dalam Bidang Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Talu Kabupaten Pasaman Barat (1967-2018 M)

Nisaul Husna, Safri Mardison

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Program kemuhammadiyahan dalam bidang pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Talu Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (1967-2018 M). Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian sejarah. Dengan langkah-langkah Heuristik, yaitu mengumpulkan sumber-sumber atau data-data melalui wawancara dan dokumen.Setelah itu penulis melakukan kritik sumber.Kemudian penulis melakukan interpretasi dan terakhir menuliskannya dalam bentuk historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Madrasah Aliyah Muhammadiyah Talu  didirikanpadatahun 1967 sebagai sekolah swasta atas inisiatif pimpinan Cabang Muhammadiyah Talamau. (2) Program Kemuhammadiyahan dalam Bidang Pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Talu ini yaitu Menjelaskan Organisasi Muhammadiyah, Pemahaman dasar gerakan Muhammadiyah, meningkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah, membentuk pelajar yang berkarakter, dan membentuk kader Muhammadiyah melalui mata pelajaran Kemuhammadiyahan dan melalui organisasi otonom yang diikuti peserta didik baik itu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathan (HW), dan Tapak Suci dalam kegiatan ini para peserta didik mendapatkan pengalaman dan diharapkan menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah dan juga menjadi kader penerus Muhammadiyah.(3)Metode yang digunakan dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan adalah metode ceramah, diskusi, praktik dan tanya jawab. (4) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah kesulitan guru dalam merumuskan tujuan, menganalisis materi, memilih dan menetapkan metode, media dan menyusun alat evaluasi yang digunakan.


Full Text:

PDF Remote


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v2i2.2705
Abstract views : 69 times
PDF : 87 times Remote : 21 times

References


Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2004),

A. Daliman, Metode Penelitian Sejarah, (Yogyakarta: Ombak, 2012),

A. Dt Madjoindo, Tambo Minangkabau dan adatnya, (Jakarta: Balai Pustaka, 1956),

Adwar Syam, Tokoh Muhammadiyah. Wawancara Pribadi, 20 Juli 2019

M. Yunan Yusuf, dkk, Ensiklopedi Muhammadiyah.(Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2005),

M. Dien Madjid, Johan Wahyudhi, Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar,(Jakarta:Prenada Media Group, 2014),

Masri Datuk Rangkayo Batuah dkk, Adat Salingka Nagari Talu, (Talu: Pucuak Adat KAN Talu, 2012),

Profil Madrasah Aliyah Muhammadiyah Talu

Seno Hasanadi, Perkembangan Organisasi Muhammadiyah di Minangkabau Provinsi Sumatera Barat 1925-2010, (Padang: Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, 2015)

Seno Hasanadi, Perkembangan Organisasi Muhammadiyah di Minangkabau Proinsi Sumatera Barat 1925-2010, Padang: Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, 2015,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nisaul Husna, Safri Mardison

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Social Science Education Departement
Faculty of Education and Teacher Training
Imam Bonjol State Islamic University
email: tarikhuna@uinib.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.