Mengenal Struktur Bangunan Candi Sukuh sebagai Jejak Peninggalan Majapahit

Widya Arumsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan ragam peninggalan sejarah kerajaan Majapahit pada situs Candi Sukuh di Karanganyar, Jawa Tengah. Metode penelitian yang dilakukan pada jurnal ini yaitu pertama Heuristik dilakukan dengan observasi ke situs Candi Sukuh, wawancara dengan pamong Balai Konservasi dan cagar budaya Jawa Tengah serta studi pustaka. Tahap kedua Kritik sumber yaitu menguji validitas sumber sejarah berupa benda peninggalan sejarah, hasil wawancara dan studi pustaka untuk mendukung validitas data penelitian. Tahap ketiga melakukan Intepretasi atau menafsiran terhadap data atau sumber sejarah yang sudah diverfikasi tersebut. Tahap keempat yaitu melakukan Historiografi atau menyusun hasil analisis dalam bentuk tulisan sejarah secara kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs Candi Sukuh menunjukkan corak peninggalan kerajaan Majapahit yang beragama Hindu dilengkapi dengan cerita mitologi Jawa klasik. Kesimpulan penelitian ini adalah situs Candi Sukuh merupakan salah satu benda cagar budaya yang ada di lereng Gunung Lawu, perbatasan Kabupaten Karanganyar dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Candi sukuh memiliki karakteristik mirip dengan pundek berundak dengan pola seperti piramida dan di halaman candi dipenuhi dengan relief cerita mitologi Hindu Jawa klasik yang menceritakan kehidupan manusia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i2.7340
Abstract views : 54 times
PDF : 57 times

References


Hartini, & Mufida, R. R. (2016). Cerita-cerita di Balik Candi Sukuh sebagai Pemerkaya Cerita Drama Tradisional [The Stories Behind Sukuh Temple as Enrichment for Traditional Drama Stories]. Jurnal Unwidha, 82-90. Diarsipkan pada 2016-03-04 di Wayback Machine.

Koentawijoyo. (1994). Metodologi Sejarah [Methodology of History]. Yogyakarta: Publiser.

Zoetmulder, P. J. (1983). Kalangwan. Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang [Kalangwan. A Brief Overview of Ancient Javanese Literature]. Jakarta: Djambatan.

Poerwadarminta, W. J. S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia [General Dictionary of Indonesian Language]. Jakarta: Balai Pustaka.

Ng. Poerbatjaraka, R. M. (1952). Kapustakan Djawi [Javanese Literature]. Djakarta: Djambatan.

Asmadi, S., & Soemadi, H. (2004). Candi Sukuh. Antara Situs Pemujaan dan Pendidikan Seks [Sukuh Temple. Between Worship Site and Sex Education]. Surakarta: C.V. Massa Baru.

Haryono, E. (Wawancara). (12 Juli 2022). Wawancara dengan Pamong Balai Konservasi dan Cagar Budaya Jawa Tengah [Interview with the Officer from Central Java Conservation and Cultural Heritage Center]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widya Arumsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.