Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis dengan Model Konvensional

Fatmi Fauzani Duski

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar, serta kurang aktifnya peserta didik terhadap proses pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis Dengan Model Konvensional Kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko Tahun Ajaran 2022/2023.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko terdiri dari 30 orang dari kelas kontrol dan 30 orang dari kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis mengunakan SPSS 25.
Dari hasil penelitian diperoleh data pretest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 58,33 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentase 23,3%, sedangkan nilai dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 57,83 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentasenya 26,6%. Dan data posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 83,55% dengan nilai tertinggi 100 tingkat persentase 53,3%, sedangkan nilai postest dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 74,16% dengan nilai tertinggi 95 tingkat persentasenya 30%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan Menggunakan Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i2.7394
Abstract views : 33 times
PDF : 16 times

References


Arikunto, Suharsimi. (2000) Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardianto. (2021). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian Dilengkapi Dengan Manual Dan Aplikasi SPSS. Depublish

Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.

Badar Trianto Ibnu. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Dan Kontekstual : Konsep, Landasan, Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013, Jakarta, Pramedia Grup.

Darmadi. (2007). Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. (Yogyakarta: Deepublis).

Daryanto. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003

Djamarah, dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Hakim Abdul, dkk. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah SMA Negeri 55, Journal of Education, Language Teaching and Science, Volume 2 Issue 1 April 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatmi Fauzani Duski

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.