Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis dengan Model Konvensional
Abstract
Dari hasil penelitian diperoleh data pretest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 58,33 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentase 23,3%, sedangkan nilai dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 57,83 dengan nilai tertinggi 80 tingkat persentasenya 26,6%. Dan data posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 83,55% dengan nilai tertinggi 100 tingkat persentase 53,3%, sedangkan nilai postest dari kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 74,16% dengan nilai tertinggi 95 tingkat persentasenya 30%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dengan Menggunakan Model Tipe Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Grafis bisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS MAN 2 Mukomuko.
Full Text:
PDF![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-doi.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-graph.png)
![](https://ejournal.uinib.ac.id/iconimage/icon-pdf.png)
References
Arikunto, Suharsimi. (2000) Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ardianto. (2021). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian Dilengkapi Dengan Manual Dan Aplikasi SPSS. Depublish
Aris, Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Badar Trianto Ibnu. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Dan Kontekstual : Konsep, Landasan, Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013, Jakarta, Pramedia Grup.
Darmadi. (2007). Pengembangan Model & Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. (Yogyakarta: Deepublis).
Daryanto. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003
Djamarah, dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Hakim Abdul, dkk. Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah SMA Negeri 55, Journal of Education, Language Teaching and Science, Volume 2 Issue 1 April 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fatmi Fauzani Duski
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.