MEMBANGUN PEMBELAJARAN BERARTI: PENERAPAN MODEL PJBL DAN PBL SEBAGAI UPAYA INOVASI DALAM PENGAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 KUTASARI

Agista agista

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kutasari, Kab.Purbalingga, Jawa Tengah yang membahas mengenai penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dan PBL. Rumusan masalah pada artikel ini yaitu: 1) Bagaimana kondisi pembelajaran sejarah sebelum menggunakan model PJBL atau PBL, 2) Bagaimana respon siswa setelah diterapkan model PJBL atau PBL didalam kelas dalam pembelajaran sejarah, 3) Bagaimana gagasan inovasi dalam penerapan model pembelajaran di lingkungan SMA Negeri 1 Kutasari khususnya pada pembelajaran Sejarah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis teknik pengumpulan data studi pustaka atau library research. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa, mengetahui bagaimana siswa menyikapi dan membentuk kerangka berpikir yang kritis dalam suatu peristiwa sejarah yang menjadi topik dalam setiap pertemuan pembelajaran. Selain itu juga untuk bisa melakukan pengembangan model pembelajaran sejarah PBL dan PJBL supaya dapat lebih efektif dan efisien dalam penerapannya. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran PJBL dan PBL di SMA Negeri 1 Kutasari yaitu penerapan model PJBL dan PBL memberikan gamabran yang lebih luas mengenai pembelajaran sejarah yang diajarkan dikelas, peserta didik diharapkan dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam setiap pembelajaran serta dilakukan berbagai inovasi supaya peserta didik memiliki antusias dan minat ayang tinggi dalam setiap mata pelajaran yang ada sehingga hasil belajar peserta didik tinggi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/thje.v5i2.7982
Abstract views : 42 times
PDF : 42 times

References


Alfian, M. (2011, Maret). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, III, 3-8.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105-120.

Dr.Edi Susrianto IP., M. (n.d.). Peranan Pendidikan Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Lentera, 33-44.

Heri, S. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Kumala, A., Hosna, R., & Rohman, F. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Salafiyah SafiIyah Tebuireng Jombang. Al Ta'dib: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 107-127.

Marli, S. (n.d.). Sejarah Dan Pendidikan Sejarah. 1-10.

Rulianto, d. F. (2018, Desember 31). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4, 127-134.

Sasridinatasari, R. (2012). Peningkatan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Kelas IV Sekolah Dasar. 1-14.

Ramadhan, H. R., Mulyawan, M., Hidayani, I., & Mahdi, I. (2019). Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Khulafaurrasyidin. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 143-158.

Rustamana, H., A. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENYELIDIKAN ( DISCOVERY LEARNING ) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR ABAD – 21 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPS SMA NEGERI I CINANGKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 139-153.

Unik Hanifah Salsabila, d. N. (2021, Januari). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3, 123-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agista agista

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
email: tarikhuna@uinib.ac.id

View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.