Terapi Bermain Menurut Carl Gustav Jung dalam Mengatasi Permasalahan Anak

Asri Atuz Zeky, Juliana Batubara

Abstract


Jung berpendapat bahwa tingkah laku manusia tidak hanya dipengaruhi oleh masa lalu, namun pandangan terhadap masa depan, tujuan dan aspirasi merupakan salah satu untuk menuju kesuksesan dalam hidup individu. Menurut Jung pribadi yang sehat ditandai dengan mampunya seorang individu menjadi diri sendiri, menyeimbangkan sikap dan fungsi psikologis yang ada dalam diri dan mampu merubah archetype. Namun tidak selamanya individu memiliki pribadi yang sehat. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan ini dibutuhkan terapi, salah satunya terapi bermain oleh tenaga yang ahli, sehingga dapat membantu individu dalam meyimbangkan fungsi id, ego dan super ego. Dengan harapan untuk berkembang dengan optimal.


References


Amar, Raichul. (2007). Pengantar Metodologi Penelitian. Padang: Hayfa Press

Andriana, Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI), Jakarta: Rineka Cipta.

Catrin, Carol E & Allen.(1999). Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey : Merill, Prentice Hall.

Charles Schaefer. (2003). Play Therapy With Adults.Canada: John Wileys &Sons Inc.

Corey, Gerald.( 2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (7th ed). Belmont: Thomson Brooks/Cole.

Dockett, Sue & Marilyn Fleer.(2000). Play and Pedagogy in Early Childhood : Bending The Rules.Australia : Australian Print.

Eysenck, M. W., & Payne, S. (2006). Effects of anxiety on performance effectiveness and processing efficiency. Unpublished manuscript. Royal Holloway University of London, Egham, Surrey, UK.

Eysenck, M. W., Payne, S., & Derakshan, N. (2005). Trait anxiety, visuospatial processing, and working memory. Cognition and Emotion, 19, 1214 –1228.

Eliasa, Eva Imania. (2010). Program Bimbingan Pribadi dan Sosial Untuk Meningkatkan Kompetensi Intra-personal dan Interpersonal Siswa Remaja. Tesis.SPS UPI. Tidak diterbitkan.

Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theory of personality. Alih Bahasa [2006]. Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fromberg, D. P., & Bergen, D. (Eds.). (1998). Play from birth to twelve and beyond: Contexts, perspectives, and meanings (Vol. 970). Psychology Press.

Geldard, Kathryn & Geldard, David. (2001). Counselling Children: A Practical Introduction. Great Britain: The Crownwell Press.

Gladding, S.T. (2004). Counseling: A comprehensive profession. (4th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan (edisi ke lima). Jakarta: Erlangga.

Landreth, Garry L. (2001). Innovations In Play Therapy. Taylor & Francis Group.

Mardalis. (2010). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Muro, James J. And Kottman, Terry. (1995). Guidance and Counseling in the Elementry and Middle School: A Practical Approach, Madison: Brown and Benchmark.

Mayke S.Tedjasaputra.(2005). Bermain, Mainan dan ermainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : Grasindo.

Pamela O. Paisley. (2006). What a School Administrator Needs to Know About : Expressive Arts and Play Media in School Counseling.Proceeding.

Paterson, C. H. (1986). Theories of counselling and psychotherapy. New York, NY: Harper & Row.

Rusmana, Nandang (2009). Permainan (Game & Play). Bandung: Rizqi Press.

Russ, S. W., & Wallace, C. E. (2013). Pretend Play and Creative Processes. American Journal of Play, 6(1), 136-148.

Santrock. (2006). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : PT Erlangga.

Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2018). Strategi Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD (Studi Kasus Pada TK di Kota Cirebon). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 129-149.

Subagyo, P. Joko, (2006), Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suwarjo dkk. (2012). 55 Permainan (games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v5i2.1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.