PELAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 PESISIR SELATAN

Rahmat Fauzy, Asri Atuz Zeky

Abstract


Permasalahan di lapangan terlihat masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah, kurang memperhatikan penjelasan guru dengan baik, tidak mengerjakan tugas-tugas,  serta kurang lengkapnya catatan yang mereka miliki, bahkan ada yang berani tidak masuk kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 3 Pesisir Selatan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan apa adanya tentang pelayanan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di MTsN 3 Pesisir Selatan. Sumber data ditentukan secara purposive sampling. Alat pengumpul data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual, konseling kelompok dan layanan penguasaan konten yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Pelayanan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan religius, metodenya memberikan layanan dengan format klasikal,  format kelompok dan format individual. Keberhasilan layanan tersebut dapat terlihat dari perubahan yang terjadi pada peserta didik. Peserta didik terlihat lebih aktif dalam belajar, berkonsentrasi dalam belajar, bisa memahami pelajaran yang diberikan terutama pada mata pelajaran SKI, Bahasa Inggris, PKN dan IPS.


References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo.2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2016. Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasution. 2009 Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitorus, Masganti. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press.

Sudijono, Anas. 2005 Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Varida, Nur. 2018. Peran Guru Pembimbing dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VII di Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v6i2.2141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.