NILAI ETIKA KONSELOR DALAM MEMBANGUN INTERAKSI EFEKTIF ANTARA KONSELOR DAN KONSELI DI SMP PGRI KOTA DUMAI

Rita Anriani, Maemonah Maemonah

Abstract


Konselor adalah profesi yang didedikasikan untuk kemasalahatan manusia dan bekerja sesuai dengan keilmuan dan pengalamannya dengan membimbing atas apa yang terjadi baik itu berupa permasalahan maupun tidak. Untuk menjadi konselor harus memili nilai-nilai didalam dirinya salah satunya nilai etika. Nilai etika merupakan segala sesuatu yang menyangkut nilai terpuji. Dalam kehidupan sehari-hari, sering disebut dengan istilah tatakrama atau sopan santun. Nilai etika disebut juga nilai watak atau nilai kepribadian. Tujuan dalam penelitian ini bagaimana implementasi nilai etika konselor dalam membangun interaksi efektif antara konselor dan konseli di SMP PGRI Kota Dumai. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini guru BK di SMP PGRI Kota Dumai yaitu ibu Retty dan 2 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini Nilai etika yang dimplementasi oleh guru Bk PGRI Kota Dumai ada empat prinsip dasar mengenai etika yang merupakan bagian dari sebuah pemberian bantuan yang berfungsi untuk meningkatkan etika seorang konselor hingga membangun interaksi yang efektif antar konselor dan konseli yaitu: otonomi, tidak melanggar kode etik, adil dan setia.


References


Ardimen, A. (2018a). Pengembangan kepribadian konselor berbasis asmaul husna dalam pelayanan konseling. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102–115.

Ardimen, A. (2018b). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (JurnalKonseling Indonesia), 4(1), 22–29.

Alawiyah, Desi, dkk, (2020).Menemukenali Konsep Etika Dan Sikap Konselor Profesional Dalam Bimbingan Dan Konseling, (Jurnal Mimbar, Vol. 6, No. 2)

Daradjat, Zakiah.(1992). “Dasar-Dasar Agama Islam”, Jakarta: Bulan Bintang.

Febrian, T. L. (2013). Sikap dan Etika Profesional dalam Konseling. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Fitri Muqarramah.(2020).Diskusi Nilai Etika dari Hadih Maja dalam Konseling Model KIPAS dengan Tema Kecakapan Sosial, (Jurnal Pendidikan, Vol. 5 No. 8 Bulan 2020), Hal. 1093-1098

Gunawan, R. (2018). Peran tata kelola layanan bimbingan dan konseling bagi siswa di sekolah. JURNAL SELARAS: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–15.

Gibson, R.L. & Mitchel, M.H. (2008). Introduction to Counseling and Guidance. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hansen, J.C., Stevic, R.R., & Warner, R.W. (1982). Counseling: Theory and Practice. Massachusetts: Allyn & Bacoon, Inc.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/atj.v7i2.2955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.